Pelabuhan Dendang Diharapkan Segera Terealisasi

by -

*Usulan Pembangunan Telah Disampaikan ke Kemenhub

MANGGAR – Rencana pembangunan pelabuhan besar di Kecamatan Dendang diharapkan segera terealisasi tahun 2016 mendatang. Pekan lalu, Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Beltim bersama Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP) Manggar, telah menyampaikan usulan ke Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut (Hubla).

“Sudah, minggu lalu kita (Dishub, red) bersama Kanpel menghadap subdit Pelpeng (Pelabuhan dan Pengerukan, red) untuk mengantarkan usulan pembangunan pelabuhan Dendang,” ungkap Kepala Dishub Beltim, Kesumajaya dijumpai di kantor Bupati Beltim, belum lama ini.

Menurut Kesuma, luas lahan yang telah disiapkan mencapai 6 hektar. Sisanya, masih dilakukan upaya pembebasan lahan agar pelabuhan lebih representatif dengan kapasitas besar. “Lahan yang sudah bersertifikat ada seluas 6 hektar. Itu milik Pemerintah daerah yang diurus bagian tapem,” jelas Kesuma, Rabu (19/2).

Sementara itu, Anggota komisi II DPRD Beltim, Rohalba sudah menjelaskan, usulan pembangunan Pelabuhan Dendang harus dipastikan masuk dalam rencana kerja.
“Masuk di RKA berarti ada pembahasan, setelah itu ada putusan. Kita berharap ada dealnya (pembangunan pelabuhan),” harap Rohalba.

Soal lokasi strategis pelabuhan, Rohalba menilai Kecamatan Dendang memiliki kesiapan. Selain siap secara administrasi, Dendang juga siap secara teknis.
“Selain siap administrasi, teknis juga siap. Hal tersebut sudah disampaikan pada saat pertemuan pihak DPRD Beltim, Dishub, Kanpel dan Bappeda. Amdal oke, RTRW juga oke, Insya Allah segera dibangun,” jelas Rohalba. (feb)