Pelabuhan Tanjung Batu Terus Berbenah

by -

*Ayi: Alat-alat Baru Datang November

TANJUNGPANDAN-Belum siapnya operasional Pelabuhan Tanjung Batu Belitung, nampaknya benar adanya. Ini dibuktikan dengan persiapan-persiapan yang hingga kini masih terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung. Persiapan yang masih dilakukan itu pun diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Ayi Thamrin Arifin.

Menurut Ayi, Pelabuhan Tanjung Batu sampai sekarang terus berbenah. Kini pelabuhan, tersebut belum beroperasi optimal. “Masih ada beberapa alat berat, crane, foklip yang belum datang,’’ ujar Ayi kepada Belitong Ekspres.

Menurut Ayi, pengelola pelabuhan sekarang sedang menunggu kedatangan alat berat untuk bongkar muat. Diperkirakan sekitar bulan Oktober atau November 2015 alat tersebut akan tiba di Belitung. “Waktu pelaksanaan di kementerian itu sampai dengan Oktober, diharapkan November sudah datang alat. Yang jelas, untuk sementara, kapal-kapal sudah ada yang merapat di Tanjungbatu. Seperti kapal tanker,” kata Ayi, Jumat (18/9)7 kemarin.

Kaitan dengan pemindahan operasi truk tambang dari jalan Kota Tanjungpandan menuju Pelabuhan Tanjungpandan ke Pelabuhan Tanjung Batu, Ayi menegaskan itu bukan molor, sesuai jadwal yang ada. “Tetapi kita masih memberikan ruang sosialisasi supaya teman-teman pelaku usaha agar tidak kaget. Memang satu bulan lalu sudah kita umumkan tanggal 18 September 2015 kita tutup (operasi truk tambang di jalan kota,Red) tetapi atas pertimbangan Forkominda perlu diberikan ruang sosialisasi,” tukasnya.

Tetapi truk barang pengangkut sembako bisa beraktivitas seperti biasa. Ayi menambahkan, intinya yang namanya baru beroperasi semua kesiapan baik dari sisi darat dan laut terus dilaksanakan terutama laut. (ade)