Pelajari Pendidikan Gratis di Beltim

by -

MANGGAR – Sebanyak 21 orang Anggota DPRD Kota Semarang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Belitung Timur, Kamis (3/9). Rombongan DPRD Semarang yang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Semarang, Johny Budiharjo diterima oleh Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun dan Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Sarjono di Ruang Rapat Bupati Beltim.
Kunjungan kerja ini untuk menggali informasi mengenai program-program pada Dinas pendidikan, khususnya tentang biaya sekolah gratis bagi pelajar SMA/SMK di Kabupaten Beltim. Selain itu DPRD Semarang juga tertarik belajar mengenai program Kesehatan dan Perpustakaan di Kabupaten Beltim.
“Kita kesini untuk kajian kerja untuk menggali informasi beasiswa yang diadakan oleh Pemkab Beltim, yakni pembebasan pembiayaan sekolah dari SD sampai SMA. Kalau kita di Semarang kan bebas biaya sekolah baru dari SD sampai SMP,” kata Jhonny.
Politisi dari Gerindra ini mengatakan DPRD Semarang akan mencoba mengadopsi pengganggaran pada Dinas Pendidikan dan payung hukum yang sudah dibuat oleh DPRD Beltim terkait pembebasan biaya sekolah.
“Kita belajar dari Perdanya dan aturan lainnya untuk kita bawak pulang ke Semarang. Namun kita akan pelajari dulu karena ada beberapa perbedaan berkenaan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk kita jauh berbeda. Kita akui di sini banyak kemajuannya khususnya di Bidang Pendidikan dan Kesehatan,” jelas Jhonny.
Selain tertarik untuk mempelajari aturan hukum dan penganggaran di bidang pendidikan, DPRD Semarang juga tertarik mengetahui bagaimana penganggaran di bidang Kesehatan khusus BPJS, dan Perpustakaan Desa.
“Kalau untuk BPJS di kami, hanya meliputi masyarakat menengah ke bawah, masyarakat miskin. Ternyata pas kita ke sini ada jenjang jumlah penduduk yang sangat jauh, kami ada 235 desa/kelurahan, di sini hanya 39 desa. Terus penduduk sini hanya 100 ribuan orang, kami sudah 1 jutaan,” tutupnya. (feb/hms)