Pelaksanaan UN SMA/SMK Dinilai Baik

by -

MANGGAR – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), telah selesai dan berjalan dengan baik. UN dengan berbasis komputer (UNBK) dan UN berbasis kertas berjalan dengan lancar, aman dan baik.

Kepala Dinas Pendidikan Beltim, Hartoyo melalui, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidkan Beltim, Lindawati Theodore mengatakan, secara umum, pelaksanaan UN 2016 di Beltim dinilai baik.

Pelaksanaan UN untuk Paper Based Test dinilai aman. Namun, pihaknya mengevaluasi ada kendala pada pelaksanaan UN dengan model Computer Based Test (CBT). Kata dia, memang ada sedikit kendala di UNBK di SMKN 1 Manggar. Namun semua bisa berjalan dengan baik, termasuk mereka yang ujian susulan.

“Kendala pada pelaksaan itu soal teknis (di jaringan LAN). Ya masih dimaklumi ini pertama bagi SMKN 1 Manggar, padahal pada saat ujicoba tidak ada masalah,” ungkap Linda kepada wartawan, Selasa (12/4) kemarin.

Dari sisi keikutsertaan, Linda mengatakan, dari 1.167 peserta UN tingkat SMA sederajat di Beltim, Cuma ada orang yang tak mengikuti UN. Keduanya masing-masing adalah peserta UN CBT dan PBT. Keduanya juga dinyatakan tidak ikut UN karena DO (Drop Out) dan satunya meninggal dunia.

“Ada satu untuk UNBK dan satu untuk PBT. Satu itu meninggal dunia,” sebut Linda. feb)