Pelaku UMKM Belitung Diminta Waspada, Banyak Penipuan Berkedok Bantuan Modal

by -
Pelaku UMKM Belitung Diminta Waspada, Banyak Penipuan Berkedok Bantuan Modal
Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung, melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja meminta masyarakat di Negeri Laskar Pelangi untuk mewaspadai penipuan berkedok bantuan modal UMKM.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar menyikapi banyaknya modus penipuan berkedok bantuan modal UMKM di beberapa tempat di luar Pulau Belitung.

“Kami imbau masyarakat berhati-hati, jangan mudah percaya dan harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika ada yang nelpon nyebut dapat bantuan, maka segera cek dulu kebenarannya,” kata Adnizar kepada Belitong Ekspres, Senin (1/3) kemarin.

Jika masyarakat menerima telpon kemudian mengatasnamakan pihak tertentu untuk menyalurkan bantuan modal atau usaha kepada pelaku UMKM, sebaiknya diklarifikasi terlebih dahulu. Terutama ke dinas atau Instansi terkait.

“Kita sudah informasikan ke UMKM di Belitung, sebaiknya diklarifikasi dan dicek dulu bisa melalui internet atau menghubungi langsung ke instansi tersebut apakah benar ada bantuan atau tidak,” ujar Adzinar.

Dia menambahkan, modus penipuan bantuan modal bagi pelaku UMKM biasanya rata-rata pelaku akan meminta transfer uang terlebih dahulu.”Nah, Jika meminta kiriman uang dulu biar bantuannya ditransfer dan cair itu jelas sudah tidak benar. Itu termasuk kategori penipuan, jadi kami minta masyarakat jangan mudah percaya,” tegasnya.

Adnizar melanjutkan, biasanya aksi penipuan itu ada juga yang menggunakan hipnotis melalui pembicaraan telepon. Sang penipu menawarkan dengan alasan bermacam-macam, mulai bantuan untuk UMKM, dapat hadiah dan lain-lain.

“Sampai sekarang ini di wilayah Belitung belum ada laporan, namun kami imbau masyarakat untuk tetap waspada atas penipuan berkedok bantuan dana atau modal usaha. Jika ada pihak yang telah dirugikan dengan tindakan tersebut bisa segera melaporkan ke pihak berwajib,” tandasnya. (dod)