Pelindo Siap Benahi Pelabuhan Pangkalbalam

by -

//Hendro: Kita Sulap Seperti Terminal Peti Kemas

PANGKALPINANG – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Pangkalbalam menyatakan kesiapannya untuk membenahi buruknya kondisi Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang.
Hal itu ditegaskan GM PT Pelindo II Pangkalbalam, Hendro Priyono saat menggelar rapat koordinasi dengan Walikota Pangkalpinang, Kepala KSOP, Dinas Perhubungan, Bappeda, terkait rencana induk pelabuhan Pangkalbalam, di Rumah Dinas Walikota, Selasa (24/2).
Hendro menjelaskan, Pelindo sudah mulai mengambil langkah untuk memperbaiki dan membenahi kondisi pelabuhan menjadi lebih baik, sesuai dengan keinginan Wagub kala menggelar inspeksi mendadak (Sidak) pada akhir tahun 2014 silam. “Tahun ini akan kita lakukan pembenahan termasuk permintaan dari Wagub waktu itu agar Pelabuhan Pangkalbalam dibenahi menjadi lebih baik,” ujarnya.
Lanjut Hendro, pihaknya akan memperbaiki fasilitas yang lebih memadai untuk para penumpang seperti memasang pendingin ruangan (AC) pada terminal tunggu penumpang serta memperbaiki toilet untuk kemudahan bagi penumpang. “Sesuai keinginan wagub, AC sudah kita pasang dan WC juga sudah diperbaiki dan ditambah,” imbuhnya.
Pihaknya, lanjut Hendro akan membangun pelabuhan Pangkalbalam lebih baik lagi. Meski saat ini pihaknya baru memasang 2 unit AC dan 4 toilet. “Baru 2 AC, nanti akan kita pasangan 6, ada di ruang VIP dan ruang ibu menyusui. Tampilang terminal juga akan kita ubah,” jelasnya.
“Kita akan bikin pelabuhan lebih indah lagi.  Mudah-mudahaan ini bisa bekerja lebih baik dan tahun depan sudah kelihatan perubahannya. Saat ini upaya itu sudah kita mulai. Pengaspalan akan kita lakukan April, sedangkan perluasan lapangan penumpukan menjadi 4000 meterpersegi,” paparnya.
Hendro mengakui anggaran yang akan dikucurkan dalam pembenahan pelabuhan pada tahun ini sangat besar yakni mencapai Rp42 miliar. Sebagai langkah jangka panjangnya, Pelindo, katanya akan menyulap Pelabuhan Pangkalbalam seperti terminal peti kemas. “Termasuk Gapura. Ini adalah rencana jangka pendek, sedangkan jangka panjangnya adalah menjadikan Pelabuhan Utama, yang dibahas dalam pertemuan ini,”tukasnya.
Sementara Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah mendukung penuh keinginan Pelindo untuk membenahi dan menjadikan pelabuhan pangkalbalam menjadi pelabuhan induk. “Kita selalu mendukung Pelindo dan KSOP terhadap keinginan itu. Mengenai kendala, dalam waktu dekat akan saya sampaikan ke Pusat,” terangnya.
Namun Pria yang biasa disapa Wawan ini mengaku, Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, meminta agar semua pihak dapat bersinergi untuk membangun yang terbaik. “Semua kendala akan perlu dikaji lebih lanjut. Karena itu kita perlu Mengkaji lebih lanjut. Kita berembuk dahulu agar satu suara. Kami minta dukungan pelindo dan ksop dan semua pihak agar bisa mencari jalan terbaik kedepan,” tutupnya. (cr61)