Pemasangan CCTV untuk Belitung Menuju Smart City

by -
Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung memasang Close Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas di lima titik guna mewujudkan komitmen Kabupaten Belitung menjadi smart city atau kota pintar.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, mengatakan, kamera tersebut untuk memantau kota, kenyamanan, kebersihan kota, dan memonitoring dalam mengurus Kota Tanjungpandan ini.

“Kamera pengawas juga berfungsi memantau ketertiban masyarakat dan sarana membantu kepolisian dalam memantau keamanan,” kata Isyak saat ditemui Belitong Ekspres, Senin (13/10) kemarin.

Ia menjelaskan, saat ini kamera pengawas tersebut telah terpasang di lima titik yakni di persimpangan lampu lalu lintas dan pusat keramaian KV Senang. CCTV itu belum diberlakukan secara formal, namun apabila sudah terpasang semua baru akan diberlakukan.

Pemkab Belitung, kata dia, akan terus menambah jumlah kamera pengawas tersebut di beberapa titik lokasi penting lainnya, baik di pusat keramaian maupun lokasi rawan tindak kejahatan.

“Tahun ini hingga Desember, kami targetkan terpasang 20 – 25 kamera. Rencananya di tahun depan kami anggarkan pemasangan di 100 titik,” ujarnya.

Tujuan dari semua ini bukan untuk memata-matai masyarakat, tapi semua itu adalah untuk membantu masyarakat. Ia mencontohkan, fungsi CCTV sangat membantu masyarakat. Misalnya terjadi tindak kejahatan jalanan seperti jambret, maka kamera ini sangat berfungsi membantu pengungkapan kasus.

“Kepolisian bisa memetakan kemana larinya pelaku dan siapa yang melakukan aksi kejahatan tersebut,” katanya.

Selain itu, kamera tersebut juga berfungsi sebagai face recognition atau identifikasi wajah dan terhubung dengan big data yakni data umum yang berlaku di Indonesia.

“Selain itu, juga berfungsi untuk memetakan wajah manusia misalnya satu kali ke Belitung dan kedua kalinya sudah bisa diidentifikasi identitas dirinya,” tandas Isyak. (dod)