Pembagian Wewenang, Aan Sebut Wakil Bupati Beltim Bukan Ban Serep

by -
Pembagian Wewenang, Aan Sebut Wakil Bupati Beltim Bukan Ban Serep
Bupati dan Wakil Bupati Beltim menunjukkan Perbup tentang pembagian kewenangan.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin resmi menandatangani Peraturan Bupati tentang pembagian tugas wewenang antara Bupati dan Wakil Bupati. Penandatanganan disaksikan Wakil Bupati Khairil Anwar dan Sekda Ikhwan Fahrozi serta awak media yang berkesempatan hadir dalam keterangan pers, Rabu (3/3).

Burhanudin menegaskan dirinya memiliki pembagian tugas wewenang yang sama dengan Wakil Bupati sebagaimana amanat Undang-Undang. Menurutnya, Wakil Bupati bukan ban serep tetapi sama-sama menjalankan pemerintahan.

“Kecuali ada hal-hal yang prinsip didalam Undang-Undang yang bukan kewenangan pak Wakil, misalnya pengelolaan keuangan daerah. Panglima pengelolaan keuangan ada di Kepala Daerah yang diserahkan kepada Sekda sebagai ketua tim TAPD,” ujar Bupati Beltim.

Sesuai amanat Undang-Undang, Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar berperan sebagai pengawas internal dan eksternal. Termasuk mutasi pegawai, pejabat yang layak di reposisi maupun dipromosikan.

“Pengawasan auditor internal dan eskternal ada di tangan pak Wakil, termasuk mutasi pegawai, mutasi pejabat. Beliau memiliki hak yang sama dengan saya untuk memberikan advis masukan layak atau tidak untuk dipindahkan atau dipromosikan,” katanya.

“Saya tidak akan tutup menutupi, tidak ada rasa senang tidak senang tapi membantu saya melakukan pengawasan internal,” tutup Bupati Beltim yang akrib disapa Aan tersebut. (msi)