Pembangkit Listrik Di Babel Surplus 25 Persen

by -

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur (Wagub) Bangka Belitung (Babel) Hidayat Arsani menyatakan pembangkit listrik di PLN Babel sudah surplus 25 persen, jadi masyarakat tidak perlu lagi kuatir akan pemadaman listrik akibat kekurangan energi.
“Selama ini, pemadaman listrik di masyarakat karena jaringan PLN sudah tua dan masih menggunakan teknologi lama, sehingga terjadi ngangguan jaringan akibat kondisi cuaca buruk,” kata Hidayat Arsani, Senin (13/4).
Ia menjelaskan, saat ini ketersediaan listrik di PLN sudah surplus 25 persen, bahkan pada 2016 perusahaan listrik itu akan menambah 200 mega watt (MW).
Selanjutnya, PLN pada 2018 akan menambah 500 mega watt sehingga ketersediaan listrik masyarakat semakin memadai dan juga mendukung pemerataan pembangunan dan investasi di Babel. “Listrik ini tidak ada lagi masalah, namun yang menjadi masalah yaitu jaringan PLN yang sudah tua dan rawan rusak,” jelasnya.
Untuk itu, Dayat meminta pihak PLN untuk segera mengganti jaringan listrik yang sudah tua tersebut, agar tidak ada lagi pemadaman listrik di masyarakat. “Wajar saja ada pemadaman listrik, karena jaringan PLN ini mengalami kerusakan akibat cuaca buruk seperti hujan lebat, petir, banjir dan lainnya.” terangnya.
Ia berharap, pihak PLN untuk meningkat pemeliharaan dan meningkatkan teknologi jaringan listrik yang sudah tua tersebut, agar tidak ada lagi pemadaman listrik di masyarakat. “Saya jaminannya, tidak akan ada lagi pemadaman listrik akibat ketersediaan listrik di PLN kurang. Jika listrik mati akibat cuaca itu wajar saja,” tandasnya. (ant/rb)