Pembangunan Bandara Hanandjoedin

by -

Lelang Proyek Bandara Secara Online

PANGKALPINANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bangka Belitung (Babel) memastikan pelaksanaan lelang proyek bandar udara (bandara) Hanandjoedin, Belitung akan dilakukan secara terbuka dan transparan melalui website/online.
Kepala Dinas Perhubungan Babel, Huzarni Rani mengatakan, keputusan tender proyek bandara Hanandjoedin itu diserahkan ke LPSE, dan besar kemungkinan tender lama akan dibatalkan. “Sebagai pengguna anggaran, saya ingin dapatkan pengusaha berkualitas untuk pengerjaan bandara itu, kalau tender sebelumnya dibatalkan, tidak masalah, kita lelang lagi melalui online atau website, dan untuk proses lelang, kita tidak campur tangan, itu urusan LPSE,” ungkapnya, Kamis (30/4) kemarin.
Karena menurut Huzarni semua keputusan menjadi kewenangan LPSE. Setelah LPSE memutuskan nanti, dan jika sudah ada pemenang, barulah Dishub Babel membuatkan kontraknya, karena semua proses lelang ini haruslah transparan.
“Setelah ada pemenang, kita buatkan kontraknya dan mereka bisa mulai kerja sesuai standar, dan secara tehnis harus bagus, karena pengerjaan landasan bandara ini tidak sembarang, bukan seperti pengerjaan jalan aspal biasa,” jelasnya.
Selain merencanakan pembangunan bandara Hanandjoedin, Huzarni meyakinkan, untuk bandara Depati Amir Pangkalpinang juga saat ini sedang proses pembangunan terminal, karena meski belum secara resmi diumumkan, sebetulnya bandara Depati Amir sudah dikenal dengan bandara internasional.
“Setiap melakukan penerbangan, ketika mau mendarat, di maskapai sudah disebutkan, pendaratan di bandara internasional Depati Amir, karena memang tehnisnya sudah kita siapkan, tinggal menunggu saja kesiapan terminal-terminal baru kita,” katanya.
Jika bandara Depati Amir sudah resmi menjadi bandara internasional, Huzarni berharap ini dapat mendorong kemajuan ekonomi dan pariwisata Babel, karena ini menjadi harapan dan impian bersama.
“Upaya kita membangun bandara internasional ini harapan kita, supaya ekonomi masyarakat kita juga meningkat, dan ini menjadi harapan kita bersama,” pungkasnya. (eza)