Pembangunan Pelabuhan Dendang Dekati Kenyataan

by -

PELABUHAN

MANGGAR – Rencana pembangunan pelabuhan Dendang di Kecamatan Dendang mendekati kenyataan. Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat telah mengucurkan dana sebesar Rp.800 juta untuk kepentingan SID (Survei Investigasi Desain).
“Saat ini sudah dimulai kajian SID nya, artinya ini (pelabuhan Dendang) serius akan dibangun,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Beltim, Kesumajaya melalui staf ASDP, Suhaimi kepada Belitong Ekspres, Senin (14/3) kemarin.Dijelaskan Suhaimi, tahap pertama kajian SID akan dipaparkan dalam waktu dekat. Dari hasil SID akan diketahui pasti letak pelabuhan yang dibangun dengan mempertimbangkan berbagai aspek.
“Sebelum kajian SID, sudah dimulai dengan FS (Fisibility Study). Nanti hasil SID akan diketahui panjang trestile (dermaga) diukur dengan kedalaman permukaan air laut,” ujar Suhaimi.
Menurutnya, FS yang telah dilakukan sebelumnya memperkirakan pembangunan dermaga akan bergeser kearah selatan. Penyebabnya, panjang trestile akan lebih pendek sehingga anggaran yang digunakan akan lebih sedikit.
“Perkiraan akan bergeser antara SMM dan pelabuhan Dendang yang lama. Sebab, jika dibangun di pelabuhan lama, maka kedalaman air laut hanya sekitar 3 sampai 3,5 meter. Sedangkan dari arah SMM kedalaman air diperkirakan mencapai 7 hingga 8 meter,” sebut Suhaimi.
Kemudian, lanjutnya trestile akan lebih pendek yang hanya sekitar 800 meter dibandingkan dari arah pelabuhan yang kemungkinan bisa mencapai 1000 meter menuju kedalaman ideal. Kembali ke kajian SID, pihak konsultan akan memaparkan hasil laporan pendahuluan pada hari Rabu (besok, red). Selanjutnya, diikuti laporan tengah dan laporan akhir sebelum disampaikan kepada Dirjen Perhubungan Laut.
“Kesiapan Kementerian sudah menyambut baik karena sudah dimulai SID. Begitu lahan selesai, kami akan buatkan penyerahan lahan ke Kementerian,” pungkas Suhaimi.
Ia berharap, pembangunan pelabuhan Dendang menjadikan Kabupaten Beltim sebagai transit bagi kapal-kapal besar yang melintas di kawasan ALKI 1. Kedepan, pelabuhan Dendang dapat diperluas jika dibutuhkan dan kapasitas perlu ditingkatkan. (feb)