Pembatasan Ekspor Dimulai

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Gub : Jangan Ada yang Ambil Jalan Lain

PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi kembali mengingatkan, dimulainya pembatasan ekspor jangka pendek per 01 April hingga 01 Mei 2015. Rustam juga menegaskan, semua pelaku eksportir timah harus bisa mengikuti kesepakatan yang sudah dituangkan dalam surat kesepakatan bersama.
“Karena ini sudah kesepakatan bersama, semua pelaku eksportir timah harus mematuhi apa yang telah disepakati. Jangan ada yang mengambil jalan lain, kecuali apa yang sudah menjadi kesepakatan,” ungkapnya saat ditemui wartawan, Rabu (01/4) kemarin.
Untuk mengantisipasi adanya kecurangan dari apa yang sudah disepakati, Rustam meyakinkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan, bea cukai dan tim lainnya. “Mari kita sama-sama memantau bila ada terlihat kecurangan, segera laporkan ke kita,” ujarnya. Rustam menambahkan, untuk memaksimalkan keamanan pembatasan ekspor timah ini, dalam waktu dekat Pemprov Babel juga akan melakukan MoU dengan pihak kepolisian. “MoU dengan Polda juga akan segera kita lanjutkan untuk antisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi,” pungkasnya.
Kapolda Babel Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro menegaskan, akan mengambil tindakan tegas teruatama bagi eksportir yang mengeskpor secara ilegal melalui pelabuhan. “Saya akan memerintahkan seluruh Kapolres se Babel untuk melakukan pengawasan dugaan penyeludupan yang terjadi di Babel,” tegasnya.
Sementara, Kapolres Pangkalpinang AKBP Nur Romdhoni mengaku mendapat informasi ada kegiatan ekspor yang diduga ilegal seperti kayu ilegal loging dan pasir timah di pelabuhan Pangkal Balam. Ia mengungkapkan lagi bahwa dugaan kegiatan penyelunundupan yang terjadi di Pulau Bangka sering terjadi di Pangkal balam. “Saya akan tindak tegas itu. Bila benar ada kegiatan tersebut yang tangkap. Karena hal ini memicu dengan undang-undang,” ucapnya.
Dikatakan lagi dalam hal itu dirinya akan melakukan patroli oleh anggotanya. “Saya akan memerintakan anggota saya untuk melakukan patroli. Selain Sabhara Intelkan pun akan saya perintahkan untuk melakukan penyelidikan,” katany.(eza/ode)

Baca Juga:  Eko Wijaya untuk Babel: Beasiswa, Motor Sampah, Bibit, Hingga Sumur Bor

Rate this article!
Pembatasan Ekspor Dimulai,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: