Pembekalan Ilmu Jurnalistik, 50 Siswa MAN 1 Belitung Kunjungi Belitong Ekspres

Foto bersama siswa-siswi MAN 1 Belitung didampingi guru pendamping, di ruang percetakan Koran Harian Umum Belitong Ekspres, Senin (18/12) kemarin.

TANJUNGPANDAN – Sebanyak kurang lebih 50 pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Belitung mengunjungi Kantor Harian Umum Belitong Ekspres (Jawa Pos Grup) di Jalan Jend Sudirman Km 8 Perawas Tanjungpandan, Senin (18/12) kemarin. Kedatangan siswa-siswi ini didampingi guru pendamping Slamet Raharjo, Richy dan Fahrudiyanto.

RajaBackLink.com

Mereka disambut hangat General Manager (GM) Harian Belitong Ekspres Bardian Zakaria didampingi Redaktur Pelaksana Yudiansyah beserta Kepala Percetakan Zurkarnaen, dan kru Belitong Ekspres lainnya. Selain dalam rangka pembelajaran Ilmu jurnalistik, kunjungan ini juga sekaligus untuk menjalin silaturahmi.

MAN 1 Belitung merupakan salah satu sekolah menengah atas di Belitung yang aktif dalam kegiatan jurnalistik. Sebelumnya sekolah Madrasah Aliyah ini juga pernah mengundang Harian Belitong Ekspres, untuk memberikan pembekalan bidang jurnalistik.

Baca Juga:  Brigadir Devri Sosialisasi Penggunakan Life Jacket

GM Harian Belitong Ekspres Bardian Zakaria merasa bangga dan senang melihat semangat siswa-siswa MAN 1 Belitung yang ingin belajar dan ingin tahu lebih jauh tentang dunia jurnalistik tersebut. “Semoga ilmu dan pengetahuan yang didapat dari sini (Belitong Ekspres), nantinya bisa bermanfaat untuk kegiatan jurnalistik siswa MAN 1 Belitung,” kata Bardian dalam sambutannya.

Guru pendamping Slamet Raharjo yang juga menjabat Wakil Kepala Humas MAN 1 Belitung mengucapkan, terimakasih kepada Harian Belitong Ekspres karena telah bersedia memberikan pembekalan ilmu jurnalistik kepada para siswa-siswinya.

Slamet berharap kegiatan pembelajaran ini, bisa menambahkan bakat yang dimiliki siswa di bidang jurnalistik. Sehingga, para siswa dapat berperan aktif dalam memberikan informasi melalui media yang disediakan di sekolah. Seperti Buletin, Mading, dan Website Kementerian Agama yang telah disediakan. “Semoga kerjasama yang baik ini antara MAN 1 Belitung dengan Harian Umum Belitong Ekspres bisa terus berlanjut. Terutama dalam memberikan edukasi kepada para siswa-siswi kami,” harap Slamet.

Baca Juga:  Wujudkan Belitung Bebas Sampah, DLH Lakukan Kerja Bakti Massal

Pada kesempatan kunjungan kali ini, materi tentang jurnalistik dipaparkan langsung oleh Redaktur Pelaksana Harian Umum Belitong Ekspres Yudiansyah. Mulai dari pengertian berita, proses peliputan, cara penulisan dengan pola 5 W 1 H, penggunaan bahasa jurnalistik dan prinsip-prinsip bahasa jurnalistik, hingga nilai berita (Rukun Iman Jawa Pos). Yakni, pertimbangan yang menentukan suatu tulisan akan dibaca orang. Berita yang layak dan berkualitas.

“Semoga Ilmu yang didapat ini bisa diterapkan oleh siswa-siswi MAN 1 Belitung dalam melakukan kegiatan jurnalistik di sekolah,” tandas Yudiansyah.

Usai menerima paparan materi jurnalistik, para siswa-siswi MAN 1 Belitung didampingi para gurunya, langsung melihat proses percetakan koran. Kepala percetakan Zulkarnaen dan kru menjelaskan tahapan plating, cara kerja mesin cetak, hingga koran siap didistribusikan. (rez)

 

Tags:
author

Author: