Pembibitan Sapi Masih Jadi Program Unggulan

by -

 

MANGGAR – Pengembangan pembibitan sapi masih menjadi program unggulan yang disiapkan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tahun 2015. Program tersebut merupakan program berkelanjutan bagi peternak sapi di Kabupaten Beltim.

“Kita tetap melanjutkan program pengembangan pembibitan sapi. Ini bukan program singkat tapi akan terus menerus dilakukan,” ungkap Kepala Distanhut melalui Kabid Peternakan, Heru Indramarta saat ditemui harian ini, diruang kerjanya, Selasa (12/1) kemarin.

Salah satu penunjang program yang telah disiapkan adalah pemanfaatan lahan eks tambang untuk penanaman rumput gembala sapi. Distanhut telah membuka seluas 20 hektar di Kecamatan Gantung.

“Lengkap gedung pertemuan dan instalasi air. Bahkan kebun rumput sudah mulai tumbuh tapi belum maksimal karena tahun lalu kemarau panjang,” ujar Heru.

Ia menambahkan, dipilihnya Kecamatan Gantung sebagai lokasi penanaman rumput berdasarkan pertimbangan banyaknya lokasi eks tambang. Selain itu, disekitar lokasi tersebut ada kelompok-kelompok yang potensial.

“Kedepan apa yang kita buat (penanaman rumput)  bisa dimanfaatkan mereka untuk kelompoknya. Sifatnya pemberdayaan kelompok karena kita bukan balai tapi dinas, jadi tugas kita membina kelompok tani dan peternak,” sebutnya. (feb)