Pemda Getol Sambut GMT

by -

 

*Selain Turis, Sejumlah Pejabat Datang

TANJUNGPANDAN-Momen langka Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 mendatang, tak akan disia-siakan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung dan stake holder tentunya. Karena itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Belitung, intensif melakukan rapat koordinasi.

Diprediksi, pada momen itu, Belitung akan ramai dikunjungi wasatawan, baik wisnus (wisatawan nusantara) dan mancanegara. Selain itu, sejumlah pejabat Pusat juga dijadwalkan hadir di Bleitung untuk menyaksikan momen yang hanya terjadi sekali dalam puluhan tahun itu.

Dalam Rakor (12/1), kemarin di Kantor Disparekraf nampak hadir para pejabat pemerintah. Hadir pula perwakilan Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Perindustrian dan Ekonomi Kreatif , Dinas Perikanan Kelautan serta Camat dan Lurah Se-Belitung

Kadin Disparekraf Hermanto pada Belitong Ekspres mengatakan, rapat ini dipersiapkan unutuk menyambut puncak GMT dengan berbagai macam kegiatan dan kesenian. Untuk kesenian yang akan digelar mempersiapkan diri sebelum dan sesudah GMT.

Lanjut Hermanto, ini bukan cuma kegiatan domestik. Tapi, nanti Belitung akan kedatangan para pejabat tinggi Negara dan ribuan wisatana Nusantara yang hanya menyasiksikan GMT. Lantas fenomena yang terjadi 33 tahun sekali dan tidak semua tempat di belahan dunia bisa menyaksikan GMT ini secara langsung.

“Untuk itu, kita harus mempersiapkan kegiatan ini jauh-jauh hari. Sehingga pada hari puncak bisa berjalan aman, tertib dan lancar. Jadi, semua  bisa dengan nyaman menyaksikan GMT,’’ papar Hermanto.

“ Tentu ini merupakan momentum yang tepat, pas  untuk memperkenalkan Belitung di kancah dunia intenasional secara luas,” ujarnya.

Hemanto menerangkan, dalam menyambut eve GMT 2016 ini, pemda akan mengadakan kegiatan dan acara di beberapa titik yang potensial. Dengan begitu, tidak terjadi penumpukan pengunjung di satu titik.

“Nanti kalau kegiatan sudah fix, akan kita informasikan kemasyarakat sehingga masyarakat lokal juga bisa mempersipakan, menikmati dan memeriahkan GMT ini,” jelasnya

Hermanto berharap dengan adanya GMT ini semua kalangan dapat menikmati momen dengan nyaman. Lantas, dapat memberi kesan yang baik kepada para wisatawan yang datang terlepas acara GMT seperti pantai yang indah, seni dan budayaan. Dengan begitu, mereka berkesan dan kembali lagi ke Belitong,” pungkasnya.