Pemdes Dukong Berikan Pembinaan Lembaga Adat

by -
Pemdes Dukong Berikan Pembinaan Lembaga Adat
Suasana kegiatan Pembinaan Lembaga Adat di Desa Dukong Kecamatan Tanjungpandan, Selasa (31/12).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Guna menjaga kearifan lokal dan pelestarian adat istiadat daerah, Pemerintah Desa (Pemdes) Dukong Kecamatan Tanjungpandan memberikan pembinaan kepada Lembaga Adat Desa, Selasa (31/12/2019) lalu. Kegiatan ini bertempat di Aula Kantor Desa Dukong.

Kepala Desa (Kades) Dukong Zainal, mengatakan, lembaga adat memiliki peranan penting dalam pengembangan desa. Sebab, di lembaga adat terdapat tokoh-tokoh masyarakat yang sangat dihormati.

Adapun tujuan dari pembinaan ini kata Zainal, adalah untuk memberikan orientasi dan pembekalan kepada anggota lembaga adat desa Dukong bahwa mereka mempunyai peranan penting dalam mendukung kemajuan desa serta menjaga kearifan lokal.

“Tentunya kita harapkan, lembaga adat desa juga ikut meningkatkan peran aktif masyarakat, terutama dalam pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal di desa,” katanya kepada belitongekspres.co.id, Rabu (1/1/2020).

Menurutnya, dalam setiap aspek pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat hendaknya berbasis adat istiadat dan budaya. Apalagi daerah Belitung merupakan daerah tujuan wisata dan salah satu daya tarik suatu daerah adalah kearifan lokal dan budayanya.

“Syukur alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar. Semoga melalui kegiatan ini kedepanya Desa Dukong semakin maju, berdaya dan semakin sejahterah tanpa harus mengurangi nilai-nilai kearifan lokal itu sendiri,” harap Kades tiga periode tersebut.

Editor: Yudiansyah
Reporter: Rheza