Pemdes Sungai Samak Gotong Royong Membersihkan Sampah

by -
Pemdes Sungai Samak Gotong Royong Membersihkan Sampah
Gotong-royong membersihkan tumpukan sampah di saluran air RT 01, Dusun Sungai Samak pada, Senin (4/1) kemarin.

belitongekspres.co.id, BADAU – Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Samak bersama warga setempat gotong-royong membersihkan tumpukan sampah di saluran air RT 01, Dusun Sungai Samak pada, Senin (4/1) kemarin.

Kepala Desa (Kades) Sungai Samak Alex Saputra mengatakan, sampah yang berada di saluran air RT 01 tersebut merupakan sampah yang berasal dari lautan. “Biasalah kalau lagi musim barat, sampah-sampah dari laut mengarah ke daratan sehingga menumpuk di saluran air tersebut,” katanya kepada Belitong Ekspres.

Dikatakannya, sampah tersebut mulai menumpuk sejak beberapa hari terakhir. Lantas mendapati laporan dari warga, kemudian Pemeritah Desa bersama BPD dan Linmas Desa dibantu warga sekitar berinisiatif untuk membersihkan sampah tersebut. “Alhamdulillah berkat informasi dari warga, di bantuan BPD, Linmas Desa dan warga sekitar akhir sampah-sampah tersebut berhasil kita bersihkan,” ucapnya.

Alex menambahkan, setelah berhasil di pindahkan kemudian sampah-sampah yang didominasi botol mineral dan plastik tersebut dibakar dan dimusnahkan. “Untuk sementara sampah-sampah plastik tersebut kita bakar, selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan DLH Kabupaten untuk mengatasi masalah tersebut,” tukasnya.

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Belitung Hilman mengatakan, sangat merespon positif semangat gotong-royong masyarakat di Desa Sungai Samak untuk saling bahu-bahu membersihkan sampah tersebut.

“Sampah tersebut merupakan sampah kiriman atau berasal dari lautan. Hal ini sering terjadi ketika Musim Barat. Namun terlepas dari faktor alam tersebut saya sangat menghargai dan mengapresiasi semangat kebersamaan dan gotong-royong warga di Desa Sungai Samak,” kata Politisi Partai Nasdem tersebut. (rez)