Pemerintah Desa Keciput Akan Kembangkan 3 Destinasi Wisata Baru

by -
Pemerintah Desa Keciput Akan Kembangkan 3 Destinasi Wisata Baru
Kepala Desa Keciput, Lubis.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Pemerintah Desa ( Pemdes) Keciput Kecamatan Sijuk, akan mengembangkan tiga destinasi wisata baru, guna menarik wisatawan berkunjung ke Belitung. Saat ini sedang tahapan perencanaan pengembangan destinasi wisata tersebut.

“Ada 3 titik lokasi wisata yang akan kita kembangkan mulai tahun ini. Yakni, wisata alam, wisata mangrove dan wisata religi,” kata Kepala Desa Keciput Lubis kepada Belitong Ekspres, Selasa (9/3) kemarin.

Kata dia, rencananya lokasi itu akan dikembangkan oleh Lembaga Pengelolahan Hutan Desa (LPHD). “Destinasi itu memang sudah bergerak, tetapi karena pandemi mereka belum terlalu “on air” atau maksimal, serta melihat pendanaan,” jelasnya.

Pemdes lanjut Lubis, akan memfasilitasi berkenaan dengan perencanaan awal hingga tahap pembangunan serta pengelolaannya yang akan melibatkan Bumdes Keciput nantinya. “Jadi pengelolaannya dibawah kelembagaan, tetapi ketika sudah beroperasi dan dibuka untuk umum, akan dikembalikan ke Bumdes,” ujarnya.

Dia menjelaskan, wisata religi itu berupa makam-makam tua di Desa Keciput. Berdasarkan informasi yang didapatnya bahwa sejarah dulu hikayatnya orang itu merupakan penyiar agama islam masuk ke Pulau Belitong.

Sedangkan wisata mangrove, ada lokasi tanah desa yang masih Areal Pengguna Lain (APL) di daerah Penarikan. Nantinya itu akan dijadikan wisata terpadu seperti wisata edukasi. “Di sana nanti pemberdayaan masyarakat di bidang budidaya yang bisa hidup seputaran mangrove, seperti penangkaran penyu dan lain-lainnya,” sebutnya.

Lubis menambahkan, tahun 2021 pihaknya akan melakukan berbagai pelatihan atau kursus, guna pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM), guna mendukung berbagai kegiatan di desa itu. “Orientasi untuk menjawab itulah, baik itu pertanian, perternakan, aktivitas pariwisata, bulan maret ini sudah mulai,” tandasnya. (dod)