Pemerintah Harus Libatkan Masyarakat

by -

TANJUNGPANDAN-Komitmen pemerintah daerah Kabupaten Belitung dalam mengembangan kemajuan kawasan industri pariwisata di Belitung, dinilai hanya sebatas wacana spekulatif semata. Buktinya, even pariwisata di Belitung saat ini tengah mengalami stagnasi dan bahkan minim dukungan dari pemerintah daerah.
Demikian disampaikan oleh salah seorang pemerhati industri ekonomi kreatif Belitung, Eko Rudi dari Perawas yang belum lama ini menggelar even festival makanan tempo dulu. Eko mengatakan, seharusnya pemerintah daerah mensupport adanya even-even peningkatan promosi yang mengangkat sisi budaya lokal belitung. “Percuma saja, kita bicara soal kemajuan. Pariwisata di Belitung,tanpa ada dukungan dari pemerintah dalam memperkenalkan produk daerah kita,” ujar Eko Senin (6/4) kemarin, via telepone.
Eko menilai, sejauh ini masyarakat jarang dilibatkan dalam hal kegiatan yang mengarah pada promosi pariwisata di Belitung. “Contohnya, saat pagelaran kontes batu kinyang belum lama ini, nyatanya tidak melibatkan pelaku wisata di Belitung,” paparnya.
Eko menyarankan, pemerintah daerah perlu membuat semacam agenda rutin tahunan yang benar-benar bisa mendukung perkembangan dan kemajuan pariwisata di Belitung. “Jika hal itu dimasukkan dalam agenda tahunan rutin pemerintah daerah. Saya rasa, itu sangat luar biasa,” tukasnya. (