banner 728x90

Pemerintah Kabupaten Belitung Raih Penghargaan WTN Presiden RI

Life at ease with amazing nature| Leebong island
Pemerintah Kabupaten Belitung Raih Penghargaan WTN Presiden RI

Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha Presiden Republik Indonesia tahun 2019.

Kategori Penilaian Kinerja Penyelenggaraan Sistem Transportasi Perkotaan Tahun 2019

belitongekspres.co.id, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung kembali meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Presiden Republik Indonesia (RI) tahun 2019. Penghargaan ini didapatkan Kabupaten Belitung karena telah mampu menata transportasi publik dengan baik.

Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi Kapolres Belitung AKBP Yudhis AKBP Yudhis Wibisana menerima penghargaan WTN 2019 bertempat di Jakarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (15/9) kemarin.

Kabupaten Belitung dinyatakan berhasil mengikuti penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan tahun 2019. Dan, penghargaan ini diserahkan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Kementerian Perhubungan RI I Gede Fasek Suardika.

Pemerintah Kabupaten Belitung Raih Penghargaan WTN Presiden RI

Acara ini dihadiri langsung Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi. Sebelumnya sudah dilakukan penilaian oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepolisian dan juga para pakar.

Terdapat 152 Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota sebelumnya yang telah mengikuti seleksi itu. Namun dari hasil penilaian, yang ditetapkan mendapatkan penghargaan, hanya 92 Provinsi/Kabupaten/Kota, salah satunya Kabupaten Belitung.

Sahani Saleh mengatakan, Belitung mendapatkan penghargaan lantaran memiliki penataan transportasi publik dengan baik. Ditambah lagi, Belitung memiliki penataan transportasi berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Belitung Raih Penghargaan WTN Presiden RI

“Belum lagi di Belitung tidak ada istilah macet, dan kondisi jalan raya di Belitung dinilai sangat bagus sekali alias masih mulus-mulus. Ada yang terbaru, pengendara di Belitung masih terbilang tertib-tertib dan mentaati peraturan,” kata Sahani.

Terdapat lima bobot yang semula menjadi penilaian Belitung, agar mendapatkan penghargaan tersebut. Yaitu bidang lalu lintas, angkutan umum, sarana transportasi darat, bidang prasarana transportasi darat dan bidang umum.

“Nah Belitung semua ada. Apalagi urusan transportasi darat, pemerintah sudah menyediakan bus untuk masyarakat maupun wisatawan, dan itu gratis, dengan tujuan ke lokasi-lokasi wisata. Itu juga yang nilai plus bagi Belitung. Tapi itu semua tidak terlepas dari peran serta Polres Belitung dalam mewujudkan ketertiban berlalu lintas,” jelas Bupati Belitung.

Pemerintah Kabupaten Belitung Raih Penghargaan WTN Presiden RI

Selajutnya Sahani mengatakan, transportasi publik yang baik sudah merupakan kewajiban untuk dipenuhi oleh Pemerintah, lantaran bagian dari pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Polres Belitung yang selama ini sudah bersinergi dengan pemerintah, untuk mewujudkan transportasi publik yang baik di Belitung. Termasuk kepada masyarakat juga saya ucapkan terima kasih,” pungkasnya. (adv/dod)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply