Pemerintah Upayakan Ketrampilan Angkatan Kerja

by -

//Manusia Harus Kreatif dan Bias Ambil Peluang

foto A -terompet-limbah film BE

Foto A: dok be: ilustrasi
Seorang perajin terompet yang membidik momen tahun baru.

TANJUNGPANDAN- Kepala Bidang Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung Suhaimi mengatakan, peluang apa saja bisa dimanfaatkan, Asal pandai melihat peluang. Untuk itu, kini tinggal manusianya saja bagaimana kreatif mengambil peluang itu untuk menghasilkan sesuatu.

Dikatakan, untuk mendorong masyarakat mandiri dan kreatif, Disnakertrans sudah banyak memberi pelatihan. Contoh pelatihan montir motor, pelatihan buat souvenir, pelatihan perhotelanĀ  khususnya Bahasa Inggris, tata boga perhotelan, pelatihan komputer (desain), mengemudi untuk travel danĀ  sablon.

“Pada dasarnya dinas sudah memberikan keterampilan. Tinggal bagaimana pengembangan usaha untuk melihat peluang yang sebenarnya masih banyak di lapangan,” kata Suhaimi di ruang kerjanya, Selasa (28/7) kemarin.

Untuk menangkap peluang pasar dan semangat kewirausahaan memang belum dimanfaat optimal oleh angkatan kerja. “Misalnya untuk pengembangan kotak tisu, biar kecil kalau banyak omsetnya banyak juga untungnya. Jangan malu mencoba hal-hal yang baru,” tukasnya. (ade)