Pemilukada Bateng dan Beltim

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Patrianusa & Abang Yusril Siap Nyalon

KOBA – Bursa pencalonan Pemilukada di dua kabupaten di Bangka Belitung (Babel) yakni Bangka Tengah (Bateng) dan Belitung Timur (Beltim) mulai menggeliat. Meski jadwal pelaksanaan Pemilukada belum pasti, namun satu persatu tokoh menyatakan kesiapannya.
Ir. H. Patrianusa Sjahrun dan Yuslih Ihza Mahendra, menyatakan kesiapannya maju pada pemilihan bupati dan wakil bupati Bateng dan Beltim periode 2015-2020. Kepada Radar Bangka, Ir. Patrianusa tak menampik terkait kesiapan dirinya pada Pemilukada Bateng mendatang. Meski dirinya telah berterus terang siap maju menuju Bateng 1, namun dirinya belum bisa memastikan memakai kendaraan politiknya. “Yang pastinya jika ditanya kesiapan untuk maju pada Pemilukada Bateng nanti, maka jawaban saya tentulah saya siap untuk maju tentunya dengan doa restu juga dukungan seluruh lapisan masyarakat Bateng ini,” ujar Patrianusa, Kamis (5/2) kemarin.
Patrianusa yang saat ini menjabat Wakil Bupati Bateng menyakini secara kuat dan optimis jika gelaran Pemilukada yang rencananya akan dilakukan secara serentak di wilayah Indonesia nantinya dianggap sangatlah fair. Sebab hal itu tentunya dapat mempersempit indikasi pemanfaatan peluang oleh calon incumbent dengan menggunakan uang yang bersumber dari dana APBD.
“Selain itu pula tak kalah pentingnya, para PNS juga tidak lagi diintervensi oleh calon incumbent. Karena berdasarkan aturannya, yakni 6 bulan sebelum gelaran Pilkada calon incumbent harus mengundurkan diri dari jabatannya. Jadi, menurut saya hal ini amatlah fair dan transparan serta dapat memberikan kesempatan luas bagi calon baru yang akan maju dalam kancah pertarungan Pemilukada,” tegasnya.
Selain itu, meski Patrianusa mengakui kesiapannya untuk maju dalam pencalonan diri dalam Pemilukada nanti. Namun dirinya hingga kini masih menjajaki siapakah yang pantas menjadi patnernya yang memiliki visi dan misi serta siap untuk memajukan Kabupaten Bateng kedepannya.     “Saya masih menyeleksi dan mempertimbangjan siapakah orang atau tokoh yang akan saya ajak duet dalam Pemilukada Bateng nanti. Jadi, kemungkinannya bisa saja dari kalangan profesional, tokoh masyarakat dan lain sebagainya,” tandasnya.
Sementara, Anggota Komisi II DPRD Babel Yuslih Ihza Mahendra menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pemilukada Beltim. Namun, politisi Partai Bulan Bintang (PBB) itu, menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Beltim. “Kalau bicara siap, saya siap. Sewaktu pilkada di (Kabupaten) Belitung saja saya maju bertarung. Tetapi harus jelas dukungannya, tidak ada yang mustahil,” ungkap Yuslih Ihza disela-sela kunjungannya bersama Komisi II ke kantor UPT DPPKAD Provinsi di Belitung Timur, Kamis (5/2) siang.
Abang kandung mantan Menteri Hukum dan HAM RI, Yusril Ihza Mahendra tersebut menuturkan, dukungan dari pihak keluarga besarnya memang sudah didapat. Hanya saja, kursi PBB di DPRD Beltim tidak mencukupi untuk mengajukan nama calon Kepala daerah.
“Secara partai, kita baru memiliki 3 kursi di legislatif. Artinya diperlukan koalisi bersama partai lainnya. Selain itu, Undang-Undang mengatur calon sendiri, tidak pasangan. Ini juga harus dipertimbangkan,” jelas Yuslih.
Menurutnya, jika dirinya maju sebagai calon bupati pada pemilukada Beltim, tujuan utama adalah mensejahterakan masyarakat Beltim. Terutama lapangan pekerjaan yang banyak agar ekonomi masyarakat Beltim tumbuh dan berkembang. “Kalau hanya untuk kepentingan pribadi, saya tidak akan maju. Untuk apa korupsi, dengan apa yang saya miliki saja sudah cukup bagi saya. Tidak ada lagi yang saya kejar kalau untuk kehidupan dunia. Tapi kalau memang saya harus maju dan bertarung, saya siap,” tegasnya.
Pemilukada Beltim sendiri diperkirakan akan menyita perhatian masyarakat. Masa jabatan Bupati Beltim saat ini, akan berakhir dalam beberapa bulan kedepan. Beberapa nama yang santer dikabarkan maju, sudah ramai dibicarakan. Sejumlah nama dari kalangan parpol, tokoh masyarakat dan birokrasi mulai mencari dukungan, baik melalui koalisi parlemen maupun jalur independen.
Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Beltim dalam waktu dekat segera melakukan sosialisasi persiapan Pemilukada 2015 dengan sasaran, instansi terkait dan masyarakat. Rencana tersebut dibahas dalam pertemuan internal KPUD Beltim, Rabu (4/2).
“Rapat tersebut berdasarkan surat KPU RI nomor 42 tertanggal 23 Januari 2015 lalu. Antara lain menyatakan agar KPUD di seluruh Indonesia yang akan menyelenggarakan Pilkada agar melakukan sosialisasi,” ungkap Ketua KPUD Beltim Pirmawan melalui Divisi sosialisasi, Suro M Siregar.
Menurut Suro-sapaan akrabnya, dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah/bupati di tahun 2015, penyelenggara Pemilu harus segera mempersiapkan pemilukada. “Kami diminta untuk melakukan sosialisasi dengan materi Perppu, karena sekitar 2 hari yang lalu telah ditandatangani Presiden menjadi UU no 1 tahun 2015 serta rancangan PKPU. Maka dari itu, kami (KPUD Beltim) jika tidak ada aral melintang, berencana akan laksanakan sosialisasi di minggu kedua atau ketiga bulan ini,” jelasnya.
Terkait adanya wacana dari DPR RI khususnya di Komisi II DPR RI yang menginginkan penundaan Pilkada mundur ke 2016, KPUD Beltim tidak mau mengomentari hal tersebut. “Kami (KPUD) Beltim tidak mau berkomentar lebih jauh tentang hal tersebut, karena kami sudah menyiapkan segalanya, kapan pun akan dilaksanakan. Kita lihat sajalah, yang penting kita tunggu arahan dan petunjuk dari KPU RI, yang berkenaan kabar Pilkada diundur ke bulan Februari tahun 2016,” jawab Suro.
Lebih jauh Suro mengatakan, jika melihat rancangan PKPU tentang tahapan dan program maka tahapan Pilkada di Beltim akan mulai di tahun 2015. Namun rencana pelaksanaannya di perkirakan berlangsung pada tanggal 16 Desember 2015 mendatang.     “Maka jika memang hal tersebut terlaksana, pendaftaran Bakal Calon (Balon) bupati bisa di akhir bulan Februari ini. Akan tetapi jika hari-H nya di Februari 2016, maka akan ada penundaan pendaftaran Balon Kepala Daerah/Bupati,” tandasnya.(and/msi)

Baca Juga:  Literasi Harus Mampu Menjawab Tantangan Reformasi Industri 4.0

Rate this article!
Tags:
author

Author: