Pemkab Akan Lelang Aset

by -

Manggar – Pemerintah daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akan kembali mengadakan kegiatan lelang aset. Meski demikian, kepastian pelaksanaan masih menunggu hasil penilaian dari Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara Pangkal Pinang.
Kepala Bidang Aset dan Kekayaan Daerah pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Beltim, Wahyu Setiawan menjelaskan, penilaian terhadap aset yang akan dilelang memang diserahkan sepenuhnya kepada KPKN. Mengingat sebelumnya, lelang yang dilakukan Pemerintah daerah Kabupaten Beltim juga melibatkan KPKN.

“Rencananya memang akan ada lelang lagi. Tapi untuk mempersiapkannya tentu memerlukan waktu,” ujar Wahyu ketika berbincang dengan harian ini, akhir pekan lalu.

Menurut Wahyu, lelang yang akan dilaksanakan adalah lelang kendaraan yang digunakan SKPD dan dianggap tidak lagi layak. Namun, beberapa komponen kendaraan masih bisa diperbaiki atau digunakan pada kendaraan sejenis.

Untuk itu, sebelum lelang dilakukan, pihaknya berharap agar jadwal lelang diketahui sebanyak-banyaknya oleh masyarakat. Sehingga masyarakat yang berniat mencari kendaraan bisa mengikuti proses lelang.

“Belum tahu kapan dilaksanakan, tetapi kita menginginkan masyarakat banyak yang datang dan ikut melakukan penawaran saat lelang berlangsung,” jelas Wahyu.

Ia menambahkan, beberapa unit kendaraan yang telah dihapus dari aset Pemda pada kegiatan lelang sebelumnya juga akan diikutsertakan ulang. Pada prosesnya, penilaian aset tetap dilakukan ulang agar mengetahui nilainya.

“Yang lama juga akan dilelang, nanti tim KPKN akan menilai apakah diturunkan nilainya atau bagaimana,” tutupnya.‎ (feb)