Pemkab Belitung & Air Asia Resmikan 2 Rute Penerbangan Baru

Rute Baru Penerbangan Air Asia ke Belitung

Foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Belitung beserta unsur forkopimda, dengan Ceo Air Asia Indonesia usai peresmian  dua rute penerbangan baru.

Jakarta-Tanjungpandan, Kuala Lumpur-Tanjungpandan PP

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung dan Air Asia menggelar acara peresmian rute penerbangan baru tujuan Kuala Lumpur-Tanjungpandan – Kuala Lumpur, dan Jakarta- Tanjungpandan – Jakarta.

iklan swissbell

Bertempat di kawasan Pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, kegiatan peluncuran dua rute baru Air Asia ini ditandai dengan pelepasan burung merpati ke angkasa, Minggu (18/08) pagi kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Prioritas Larasati Sedyaningsih, Bupati dan Wakil Bupati Belitung, unsur Forkopimda kabupaten Belitung, Sekda Kabupaten Belitung, perwakilan OPD terkait, CEO Air Asia Indonesia dan jajarannya, serta pihak travel agen, tamu undangan dan masyarakat umum.

Dalam sambutannya Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belitung sangat berterima kasih kepada Air Asia yang telah mensupport hadirnya penerbangan internasional untuk perkembangan dan kemajuan di Kabupaten Belitung.

Pria yang akrab disapa Sanem ini berharap, adanya rute Belitung (Indonesia)-Kuala Lumpur (Malaysia) nantinya, agar mampu menarik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik untuk datang ke Belitung.

“Dalam hal ini pemerintah mendukung dengan berbagai macam promosi dan pihak pemerintah juga melakukan kerjasama dengan beberapa komunitas yang ada di Kuala Lumpur, untuk mempromosikan pariwisata Belitung hingga ke tingkat Internasional,” kata Sanem kepada Belitong Ekspres usai acara.

Sanem juga mengatakan, promosi ini tidak semata-mata ke arah pariwisata saja, namun pemerintah juga mendukung di sektor yang lainnya. “Katakanlah seperti produk UKM Belitung yang akan kita kenalkan di Malaysia. Jadi ini pintu gerbang awal cara mempromosikan pariwisata, namun kedepannya akan peluang lain yang bisa digarap,” katanya.

Baca Juga:  Kabar Gembira, Air Asia Terbangi Belitung Mulai 1 Oktober

Sanem pun optimistis, nantinya akan banyak hal yang berdampak positif dengan adanya penerbangan Air Asia Kuala Lumpur ke Tanjungpandan. Baik dalam hal pengembangan pariwisata dan sektor bisnis antara pengusaha, juga secara komunitas budaya.

“Kita juga serumpun melayu dengan Malaysia. Selama ini kerja sama sudah pernah kita lakukan. Dan dengan adanya penerbangan Air Asia ini akan lebih mempererat hubungan antar negara,” ucap Sanem.

Adapun alasan Sanem memilih rute Jakarta untuk penerbangan domestik Air Asia ini, karena menurutnya Jakarta lebih dominan. Namun Sanem tak menampik, kedepan, tidak menutup kemungkinan untuk kota-kota yang lainnya.

“Contohnya sudah ada rute penerbangan dari Bandung Ke Belitung. Kita berharap juga rute ke Bali, Koneksi antara 10 destinasi baru itu yang kami harapkan, kemungkinan dalam waktu dekat ini akan dipikirkan,” ujarnya.

Sementara itu, terkait peresmian penerbangan Air Asia ini, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menyampaikan dalam frasa kiasan. Menurutnya, Adanya Air Asia seperti mata air di tengah gurun yang sudah lama dinantikan, akhirnya terwujudkan.

“Ini merupakan penerbangan yang low cost, kita yakin sekali dengan adanya Air Asia pertumbuhan wisatawan akan meningkat tajam. Dan kita jangan hanya bisa meluncurkan, tapi kita harus tmenjaga agar ini tetap berkelanjutan,” kata Isyak Meirobie.

Isyak meyakinkan, bahwasannya pemerintah Kabupaten Belitung tidak akan tinggal diam, namun akan terus konsisten untuk terus mempromosikan penerbangan Air Asia ini. Ia dan Bupati Belitung akan konsisten pada penganggaran nanti untuk mengadakan pameran di Malaysia.

Baca Juga:  Penerbangan Air Asia Sinyal Bagus Bagi Pariwisata Belitung

“Kemudian kita akan bikin hap-hap baru, bagaimana nanti kalo orang Bangka mau ke Kuala Lumpur harus ke Belitung dulu, bukan hanya di Lombok dan Jakarta. Nah strategi itu yang harus kita gunakan,” papar politisi Nasdem itu.

Sementara itu CEO Air Asia Indonesia, Veranita Yosephine mengatakan, harga tiket pesawat Air Asia dengan rute penerbangan Belitung (TJQ) – Kuala Lumpur (KL) (PP) dan Belitung (TJQ) – Jakarta (CGK) (PP), adalah harga promosi atau perkenalan. “Saat ini harga promo, seiring dengan berjalannya waktu akan ada promo-promo yang lain, dan harganya akan berbeda lagi,” katanya.

Lebih Lanjut Veranita memberitahukan, nantinya pihak Air Asia akan menambahkan rute baru selain rute Belitung-Kuala Lumpur dan Belitung-Jakarta. Ini sebagai salah satu bentuk komitmen Air Asia untuk mendukung pariwisata dan juga perekonomian Indonesia, yang berakar dari konektifitas dari kota-kota yang ada di Indonesia.

“Kita juga sudah banyak sekali rute baru tahun ini dan kita akan terus mengembangkan rute-rute baru di tahun depan juga,” jelas Veranita.

Sementara itu saat ditanya bagaimana dengan kompotitor Air Asia, Veranita menyikapi dengan bijak, menurutnya masing-masing maskapai mempunyai kebijakannya sendiri.

“Air Asia lebih mengoptimalkan model bisnis kita. Sehingga, kita bisa membuka kesempatan kepada orang bisa traveling dan bisa menikmati layanan penerbangan dengan kemampuan yang kita miliki,” ucapnya.

Adapun dua rute penerbangan dengan menggunakan maskapai penerbangan Airbus A320 yaitu, Kuala Lumpur – Tanjungpandan Belitung (PP) 4x seminggu dengan harga tiket mulai dari Rp 299.000 keberangkatan mulai pada 2 Oktober 2019. Dan untuk Jakarta – Tanjungpandan Belitung (PP) 7x seminggu dengan harga tiket mulai dari Rp 294.000 keberangkatan 1 Oktober 2019. (adv/dod)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply