Pemkab Belitung Launching Program Begalor

by -
Pemkab Belitung Launching Program Begalor
Bupati Belitung H Sahani Saleh menyerahkan bantuan secara simbolis ke penerima manfaat.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung melaunching program bantuan sosial, kemanusiaan untuk gelandangan, anak-anak, lansia serta orang terlantar (Begalor). Launching program tersebut bertempat di kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kabupaten Belitung, Rabu (5/5).

Begalor merupakan program inovasi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kabupaten Belitung. Program ini mencakup bantuan sosial yang diberikan kepada gelandangan, anak-anak, lanjut usia serta orang terlantar.

Kepala DSPPPA Belitung Nurman Sunanda mengatakan, dasar peluncuran program ini merupakan bentuk perlindungan terhadap anak, lansia, dan orang terlantar lainnya yang sesuai dengan standar pelayanan minimal dalam penyelenggaraan jaminan sosial. Layanan rehabilitasi sosial ini merupakan layanan rehabilitasi sosial diluar panti.

“Pelayanan ini berupa pelayanan data dan pengaduan, kedaduratan, dan pemenuhan kebutuhan dasar. Adapun penerima bantuan berjumlah 120 orang, di antaranya 30 orang penyandang disabilitas, 10 orang anak terlantar, dan 80 orang lanjut usia. Bantuan ini akan diberikan secara rutin selama 12 bulan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Belitung H Sahani Saleh menyebut pemberian bantuan sosial kepada yang membutuhkan sudah menjadi amanat sebagai tanggung jawab pemerintah. Bupati juga menanggapi positif adanya keterlibatan dari B3, Baznas dan organisasi sosial dalam program ini.

“Bagi mereka yang tidak bisa berbuat apa-apa ini sudah menjadi tanggungan negara, tanggungan kita sebagai penyelenggara pemerintahan. Saya berharap masyarakat dapat ikut terlibat dalam program ini. Salah satu bentuknya adalah dengan melaporkan orang yang membutuhkan bantuan sosial kepada pemerintah,” ujarnya. (dod)