Pemkab Belitung Mulai Susun Kriteria Kelompok Penerima Vaksin Covid-19

by -
Pemkab Belitung Mulai Susun Kriteria Kelompok Penerima Vaksin Covid-19
Bupati sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh (paling kiri) ketika meninjau penanganan COVID-19 di RSUD Marsidi Judono Belitung (babel.antaranews.com/Apriliansyah)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mulai menyusun kriteria kelompok yang akan menerima vaksin COVID-19.

“Kami harus melihat terlebih dahulu karena tidak boleh sembarangan vaksinasi,” kata Bupati Belitung sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjungpandan, Senin.

Menurut dia, Pemerintah telah menentukan kriteria calon penerima vaksin COVID-19 seperti tenaga medis atau tenaga kesehatan yang selama ini berada di garis depan penanganan COVID-19.

“Karena sudah dikaji secara medis oleh tim di pusat bahkan ahli virus kriterianya bagaimana yang akan menerima ada kategori tertentu baik usia maupun produktivitas,” ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini Satgas COVID-19 belum menerima informasi terbaru mengenai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 namun pihaknya mengusulakn sejumlah tenaga medis dan kesehatan di daerah itu menjadi yang pertama menerima vaksin COVID-19.

“Kami juga masih menunggu petunjuk lanjutan sejauh ini kan masih tenaga medis atau tenaga kesehatan dan peserta PBI BPJS kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra mengatakan sejumlah tenaga medis di RSUD dr. H. Marsidi Judono, mulai menerima “short message service” atau pesan singkat sebagai calon penerima vaksin COVID-19.

Dari sebanyak 350 tenaga medis yang bertugas di rumah sakit tersebut dapat dipastikan hampir seluruhnya menerima pesan singkat pemberitahuan terkait vaksinasi COVID-19. “Kami sudah menerima semacam SMS bahwa kami salah satunya yang akan menjadi penerima vaksin COVID-19,” ujarnya. (ant)