Pemkab Belitung Teken Mou Dengan IPC Tanjungpandan

by -
Pemkab Belitung Teken Mou Dengan IPC Tanjungpandan
Penandatanganan kesepakatan Bersama (MoU) dengan PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjungpandan, tentang pengembangan kepelabuhan dan kepariwisataan di Kabupaten Belitung, Rabu (24/06).

Pengembangan Kepelabuhan dan Kepariwisataan

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung melakukan penandatanganan kesepakatan Bersama (MoU) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan, tentang pengembangan kepelabuhan dan kepariwisataan di Kabupaten Belitung, Rabu (24/06).

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, terjalinnya kesepakatan itu pihak Pemda maupun IPC Tanjungpandan PT Pelindo II, untuk mobilisasi kerja sama di beberapa sektor yang bisa dikembangkan.

“Sebenarnya ini langkah awal untuk kerja sama antara pemda dan Pelindo ini. Nantinya ada kerjasama di beberapa sektor, misalnya dengan PDAM terkait suplai air dan nanti ada bidang-bidang lain mengenai kepariwisataan,” kata Sanem kepada Belitong Ekspres.

Kata orang nomor 1 di kabupaten Belitung itu, ke depan Pemkab Belitung dan IPC Tanjungpandan akan segera melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai bidang-bidang yang akan segera digarap. Diharapkan dengan kerja sama tersebut bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemda.

Kemudian kata Sanem sapaan karib bupati, sektor utama yang akan digarap adalah kepariwisataan, karena IPC Tanjungpandan memiliki pelabuhan penumpang Laskar Pelangi yang akan dikembangkan demi mendukung pariwisata, terutama untuk kunjungan wisatawan. “Misalnya jual karcis dengan travel, tetapi harus kerja sama dengan Pemda dan banyak hal lainnya,” terangnya.

Selain itu tambah Sanem, hal paling wajib ada di lokasi pelabuhan itu, pelayanan kesehatan. Walau sebenarnya sudah ada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Tanjungpandan, mungkin kedepan adanya tenaga kesehatan dari Pemkab Belitung yang bekerja sama di lokasi sekitar pelabuhan itu. “Mungkin ke depan untuk menunjang kepariwisataan tadi dalam hal kerja sama di Pelabuhan Laskar Pelangi,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager IPC PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan Yossianis Marciano mengatakan, perjanjian kerjasama tersebut merupakan perpanjangan dari perjanjian yang sudah terjalin sebelumnya.

Saat ini kerja sama ini, pihaknya fokus ke pelabuhan pariwisata, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk sektor yang lainnya. “Kita ingin terus membangun Belitung dengan Mou ini, yang penting tindaklanjutnya, bukan hanya seremonialnya,” katanya.

Setelah ini, pihaknya akan segera mendiskusikan potensi-potensi apa saja yang ada, kemudian akan dilihat dikerjakan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mana yang dirasa tepat. “Kalau sudah ada dan cocok baru akan kita kerjakan bersama,” pungkasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah