Pemkab dan Polres Belitung Teken MoU

 

Asisten I Setda Kabupaten Belitung Mirang Uganda dan Kasat BinMas Polres Belitung Iptu Firdaus menandatangani MoU secara simbolis.

 

RajaBackLink.com

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung dengan Kepolisian Resor Belitung menjalin kerjasama tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa, Kamis (28/12) kemarin di ruang sidang Pemkab Belitung.

Kerja sama itu dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) yang ditandatangani secara simbolis oleh Asisten I Setda Kabupaten Belitung Mirang Uganda dan Kasat BinMas Polres Belitung Iptu Firdaus. Kemudian berkas langsung diserahterimakan keduanya, yang masing-masing mewakili Bupati dan Kapolres.

“Kegiatan ini merupakan kebijakan pusat, dari Bapak Presiden RI. Sebagai yang kita ketahui bersama beliau memulai pembangunan dari daerah-daerah pinggir. Oleh karenanya, besar harapan beliau, supaya Dana Desa ini dapat digunakan tepat sasaran,” pesan Mirang Uganda.

Baca Juga:  Renaisance School, Sekolah Kepenulisan Launching di Belitung

Senada, Kasat BinMas Polres Belitung Iptu Firdaus mengatakan, terjalin nota kesepahaman ini merujuk pada kerjasama Kementerian Desa dan Kapolri. Lalu diikuti Kapolda dan Gubernur Babel. Turun lagi antara Kapolres dan Bupati. Oleh karena itu pihaknya melaksanakan tugas tersebut dari atas.

“Berdasarkan perintah Kapolres apa yang di MoU kan tingkat Polda kita harus ikut. Apalagi Bhabinkamtibmas merupakan tiga pilar ditingkat desa, yakni Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mendukung pemerintah desa dalam mendorong pembangunan yang ada di desa,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkab Belitung Serius Tangani Gangguan Jiwa, Wabup Ingin Warga dengan Gangguan Jiwa Bisa Mandiri

Iptu Firdaus berpesan, supaya Bhabinkamtibmas dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik. Sebab program ini bukan untuk mencari kesalahan. Tetapi untuk saling membantu dalam menjalankan tugas-tugas pemerintah desa.

“Harapnya, jangan sampai terjadi penyimpangan dari aturan yang ada ke depan. Dalam rangka Pak Kades menjalankan tugasnya. Jadi antara yang satu dengan lainnya (Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa) saling mengingatkan. Sekiranya ini untuk upaya-upaya pencegahan,” pungkasnya.

Acara ini dihadiri, BPMPDPKB Kabupaten Belitung Nurman Sunanda, Sekretaris BPKAD Kabupaten Belitung Kasimin, Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Ruhin, Kepala Hukum Lanud H. AS Hanandjoeddin Letda Deni Susilowanto, Camat Sijuk Abdul Hadi, Camat Membalong Salman Alfarisi, Plt. Camat Selat Nasik serta Kepala Desa. (wan)

Rate this article!
Tags:
author

Author: