Pemkab Mantapkan Dokumen Pariwisata

by -

TANJUNGPANDAN-Sejak ditetapkan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata, Pemerintah Kabupaten Belitung terus melakukan pemantapan mengenai kelengkapan dokumen pengembangan sektor pariwisata di Belitung.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengaku pihaknya sudah mengadakan rapat bersama sejumlah SKPD untuk segera melengkapi dokumen pendukung yang akan dipaparkan di hadapan Menteri Pariwisata dan Menteri Koordinator Kemaritiman.

“Ya, artinya dibuatkan suatu bundel-lah. Sebagaimana permintaan pak Menteri,” ujar pria yang akrab disapa Sanem, kepada harian ini, kemarin.

Bupati berharap, di bulan April 2015 mendatang, legalitas hukum berupa Keputusan Presiden (Kepres) tentang Belitung sebagai destinasi pariwisata segera diterbitkan. “Seperti Pelabuhan Tanjung Batu, proses pertamanya sebagai faktor penunjang pelabuhan,”

Sanem kembali mengatakan, saat ini yang dikejar untuk saat ini memang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. “Seperti bandara dan pelabuhan. Itu sudah disoundingkan dengan Pak Menteri. Jadi mengenai kelengkapan dokumen seperti masterplan-nya juga tidak bisa instan,” ujarnya.

Karena itu Bupati berharap pemerintah pusat tidak akan semena-mena dan tetap akan mensinergikan dari bawah sesuai dengan program nasional.
“Jadi, memang harus berkesinambungan. Sehingga, harus ada greget dari bawah juga,” katanya.

Sanem mencontohkan, semisal pembangunan Hotel di Belitung yang saat ini sedang meningkat. Namun, persoalannya hotel tidak beroperasi akibat power plan listrik belum mendukung dan memadai.
“Sebetulnya kalau infrastruktur sudah siap, investor juga akan segera membangun. Tapi ini tentunya dibutuhkan komitmen dari pihak investor,” pungkasnya (mg2)