Pemkab Sosialisasikan Produk Hukum yang Sudah di Perdakan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) terus berupaya agar warga masyarakat mengetahui sekaligus memahami adanya suatu produk hukum yang telah diundangkan di daerah melalui peraturan daerah (Perda).

Hal ini dilakukan melalui kegiatan sosialisasi produk hukum daerah yang di gelar oleh bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Beltim di Kecamatan Simpang Renggiang, Senin (30/1) dan Kecamatan Manggar Selasa (31/3), yang digelar di kantor camat setempat.

Salah satu Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang Pengelolaan Zakat dan Perda Nomor 6 Tahun 2014 yang telah diundangkan tanggal 20 Oktober 2014 lalu. Menjadi pembahasan pertama dalam kegiatan sosialisasi karena menyangkut kewajiban yang akan diemban dan dilaksanakan oleh lapisan masyarakat khususnya yang beragama Islam.

Baca Juga:  BKPSDM Beltim Perpanjang Waktu Seleksi JPT

“Arti penting sosialisasi seluruh produk hukum daerah dikarenakan produk hukum daerah yang sudah diundangkan harus diketahui oleh masyarakat. Karena Perda ini memiliki kekuatan hukum sebagaimana termaktub di UU No 12 Tahun 2011 dan UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan  Daerah. Sehingga nantinya tidak ada alasan bagi warga yang mengatakan belum ada sosialisasi menyangkaut perda tersebut,” ungkap Kabag Hukum Setda Beltim, Amrullah SH kepada harian ini.

Baca Juga:  Beltim Targetkan Juara FLS2N Provinsi

Sementara itu, Sekretaris Daerah Beltim Talafuddin juga menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Sebab, Perda merupakan instrumen kebijakan otonomi daerah sebagaimana amanat UUD 1945 dan pemerintahan daerah yang juga merupakan peraturan pelaksanaan perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Saya berharap, Perda bisa dilaksanakan dengan baik dan bukan hanya di atas kertas saja.Dan pemerintah daerah akan berupaya mengawal seluruh peraturan daerah sehingga nantinya dapat memberi manfaat kepada masyarakat,” harapnya. (feb)

Tags:
author

Author: