Pemkab Target 2019 Semua Warga Dapat Air Bersih

by -

*Tahun 2016 mulai Jalan Proyek, Ambil dari Aik Begantong, Gunung Tajam

TANJUNGPANDAN-Musim kemarau yang cukup panjang di tahun ini, nampaknya menjadi momen bagi pemerintah untuk memberikan “air segar” kepada masyarakat Belitung. Di saat sejumlah warga di Belitung sudah mulai kesulitan air bersih, Pemerintah Kabupaten Belitung  berjanji mulai menggarap kebutuhan air bersih warga pada tahun 2016 mendatang.
Beberapa waktu lalu, pemerintah Kabupaten sudah melakukan sosialisasi di Kantor Desa Kacang Butor. Rencananya, pembangunan sumber air bersih ini akan dilakukan di Dusun Aik Begantong, karena lokasi ini sangat dekat dengan Gunung Tajam yang memiliki sumber air dengan debit memadai.
“Isyaallah 2016 gerakan ini akan dimulai, namun puncaknya akan dianggarkan pemerintah kabupaten untuk pemasangan jaringan ke rumah-rumah itu, saya sudah menandatangani kesanggupannya di Pusat (pemerintah Pusat,Red),” kata Bupati Belitung Sahani Saleh.
Dijelaskan, air bersih yang ditampung  dauhulu di tempa tkhusus, akan disitribusikan ke kantor-kantor dan rumah masyarakat. Kata Bupati, instalasi untuk pipa air bersih kepada masrakat akan dibuat baru semua. Jadi, untuk instalasi sebelumnya sudah pernah terpasang  tahun 1980-an, tidak dipakai . “Sekarang tidak tahu keberadaan pipa itu (buatan tahun 1980-an,Red). “Jadi kita ganti total jaringan air bersih di Belitung. Karena tidak tahu letak pipa yang tahun 80-an,” ujarnya.
Ditargetkan dalam program nasional, tahun 2019 masyarakat sudah menikmati kebutuhan dari air bersih. Program ini kata Sanem-sapaan akrab Bupati,  sudah bermula di Desa Bantan Kecamatan Membalong. “Sebagaimana permulaan air bersih, dibangun oleh pemerintah pusat. Kalau tidak salah di Bantan sudah ada proyek pusat yang berkenaan dengan proyek air bersih. Jadi setiap tahun ada program Pusat,” pungkasnya. (ade)