Pemkot Tindaklanjuti Temuan BPK

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang melakukan rapat Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di Kantor Inspektorat Pangkalpinang, Rabu (1/4) kemarin.
Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Pangkalpinang M Sopian dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Nafiri, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Yunan Helmi dan Kepala Inspektorat M Nasir serta sejumlah pegawai dari instansi tersebut guna membahas hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai kerugian negara yang telah dibayarkan namun secara administrasi belum diselesaikan.
“Ada temuan BPK mengenai kerugian negara yang telah dibayarkan tetapi administrasinya belum lengkap semua, sehingga masuk dalam LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) BPK. Temuan itu  sebesar Rp3 miliar,” katanya.
Sopian menambahkan, untuk menyelesaikan persoalan tersebut Pemkot akan secepatnya melakukan pembenahan administrasi yang belum lengkap. Dan untuk kendala pihaknya akan menyelesaikan sesuai dengan permasalahan seperti tidak ada laginya petugas yang menyerahkan uang ke kas daerah, karena sudah lama. “Kalau tidak ada lagi orangnya, kita akan upayakan ahli waris dan sebagainya. Yang jelas akan kita benahi adminstrasi secepatnya,” jelasnya.
Lanjut Sopian, jumlah uang Rp3 miliar tersebut sudah lama masuk dalam kas daerah namun secara administrasi belum terselesaikan seperti bukti pembayaran dan yang lainnya. Masih katanya, untuk persoalan tersebut tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja jika tidak terselesaikan, akan menjadi LHP BPK. “Permasalahan ini sudah lama karena itu sampai Rp3 miliar, dari tahun 2005 hingga 2013 kemarin. Jika terus dibiarkan tidak akan terselesaikan,” tegasnya.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Inspektorat M Nasir, menambahkan, BPK memberikan instruksi untuk menyelesaikan permasalahan ini secepatnya dan tidak ada tenggat waktu yang diberikan oleh BPK, namun dirinya menyakini Pemkot akan segera mengambil langkah langsung hingga masalah tersebut terselesaikan semuanya. “Secepatnya akan kita selesaikan dan paling lambat hingga Bulan Juni ini, ” tukasnya. (cr61)

Baca Juga:  Elfandi Pantau Atlet Atletik Jarak Jauh di Pengalengan Bandung

Rate this article!
Tags:
author

Author: