Pemprov Perluas Lahan Sawah 20 Ha

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunnak) Bangka Belitung (Babel) berencana akan memperluas lahan sawah hingga 20 hektar. Hal tersebut guna mensukseskan swasembada pangan di Negeri Serumpun Sebalai.
Kepala Distanbunak Babel, Toni, H.A Batubara, Jumat (6/2), menjelaskan bahwa, dalam hal peningkatan swasembada pangan itu, Distanbunnak fokus pada komoditi beras yang tujuannya untuk mengurangi potensi rawan pangan, dimana saat ini produksi padi petani lokal sangat minim.
“Tahun 2014 kemarin luas sawah di Babel ada 3.098 hektar dan tahun ini pemerintah akan memperluas lahannya menjadi 3.118 hektar, dengan harapan petani kita dapat memproduksi padi hingga 35.900 ton gabah kering giling (GKG),” ujarnya.
Dengan memperluas lahan sawah ini, menurut Toni, Babel tidak hanya bisa meningkatkan produksi padi, namun bisa mengurangi ketergantungan beras dari luar daerah karena selama ini petani kita hanya mampu memenuhi kebutuhan beras 15 persen saja. “Sisanya 85 persen kita masih suplay dari Jawa dan Sumatera,” ungkapnya.
“Karena itu tahun ini kita optimis target kita tercapai karena tahun ini mengalami pergeseran tanam yang cuacanya sangat mendukung,” tambahnya.
Untuk memaksimalkan pencapaian target ini, Toni menambahkan, pihaknya juga akan bekerjasama dengan TNI dan akan menggelar penyuluhan untuk para petani. “Petani akan kita berikan penyuluhan tentang hama penyakit dan pengetahuan lainnya, dan mereka juga akan dapat bantuan alat berat dari kita,” pungkasnya. (eza)

banner 1200x200

Baca Juga:  Eko Wijaya untuk Babel: Beasiswa, Motor Sampah, Bibit, Hingga Sumur Bor
Rate this article!
Tags:
author

Author: