Pemprov Segera Tingkatkan Pelabuhan Sadai

by -

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov) mengembangkan berbagai fasilitas Pelabuhan Sadai Kabupaten Bangka Selatan (Basel) guna meningkatkan kunjungan kapal kargo dan penumpang di daerah itu.
“Pengembangan Pelabuhan Sadai ini akan mengurangi antrian kapal masuk ke Pelabuhan Pangkalbalam,” kata Plh Gubernur Kepulauan Babel, Hidayat Arsani, Kamis (17/9) kemarin.
Ia menjelaskan selama ini fasilitas di Pelabuhan Sadai belum memadai dan masih bersifat tradisional, sehingga belum bisa disingahi kapal-kapal berukuran besar. “Dalam waktu dekat ini kita akan memantau tahapan pengembangan Pelabuhan Sadai. Jangan sampai pengembangan pelabuhan ini tidak terealisasi atau berjalan lambat, karena kurangnya koordinasi pemerintah kabupaten,” ujarnya.
Ia mengatakan selama ini aktivitas bongkar muat dan lalu lintas orang masih terpusat di Pelabuhan Pangkalbalam, sehingga kapal-kapal harus antri sandar di pelabuhan ini. “Dengan adanya pengembangan Pelabuhan Sadai, maka akan meringankan pelabuhan Pangkalbalam dalam meningkatkan pelayanan kepada perusahaan pelayaran dan masyarakat di daerah ini,” ujarnya.
Menurut dia pengembangan pelabuhan ini juga akan mengurangi biaya transportasi barang melalui jalur laut, karena jarak Pelabuhan Sadai dengan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta lebih dekat dibanding Pelabuhan Pangkalbalam.
“Pengembangan pelabuhan ini jelas akan berdampak terhadap pemerataan perekonomian masyarakat. Selama ini perkembangan perekonomian hanya terjadi di Kota Pangkalpinang dan kedepannya Bangka Selatan akan lebih maju seiring aktivitas pelabuhan yang meningkat,” ujarnya.(ant/rb)