Pemuda Desa Lilangan Dilatih

by -

MANGGAR – Sebanyak 20 orang para pemuda dari Desa Lilangan Kecamatan Gantung dan sekitarnya mengikuti Pelatihan Budidaya Lele Dumbo di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan Desa ‘Mina Mandiri’ Desa Lilangan. Pelatihan yang diberikan langsung oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Medan Sumatera Utara, Pola S.T Panjaitan ini dibuka langsung oleh Bupati Belitung Timur (Beltim), Basuri T Purnama, Rabu (5/8) kemarin.
Selama 4 hari, para pemuda yang mayoritas baru lulus dari bangku SMA dan SMK ini diberikan materi dan praktek mengenai teknik pembesaran air tawar seperti lele, patin dan nila di eks kolong timah dan kolam buatan sederhana dengan menggunakan terpal. Selain itu, mereka juga diajarkan mengenai bagaimana cara pembuatan pakan atau ransum ikan. Di hari terakhir pelatihan, para peserta diklat angkatan VI dan VII di Mina Mandiri ini akan diberikan ujian kompetensi.
Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Beltim, Mustofa menyatakan DKP Kabupaten Beltim akan terus memberikan pendampingan dan transfer teknologi bagi para peserta diklat dan peternak ikan pemula yang berniat dan sungguh-sungguh.
“Kalau lulus belum langsung dibantu. Kita akan liat dulu bagaimana tekad mereka. Kita akan memberikan bantuan seperti bibit, waring, terpal dan sarana prasarana lainnya, silahkan saja ajukan proposalnya. Kita juga siap untuk pendampingan dan pemberiaan teknologi perikanan,” kata Mustofa.
Ia juga menyatakan bagi para peserta diklat yang ingin mengembangkan ilmu dan usahanya bisa juga mengajukan peminjaman modal dengan bunga lunak di Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) serta Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsoskertrans) Kabupaten Beltim.
“Kalau kita di DKP, untuk bantuan modal usaha memang tidak ada. Tapi bagi yang ingin mengembangkan usahanya bisa mengajukan pinjaman ke dinas-dinas terkait seperti Disperindagkop atau Dinas Sosial,” ungkapnya.
Bupati Beltim menyatakan dukungannya dan meminta kepada dinas terkait untuk dapat terus melakukan pendampingan. Ia juga mempersilahkan kepada Pusat Pelatihan Mina Mandiri Desa Lilang mengajukan permohonan bantuan.
“Kegiatan ini sangat positif. Jika SDM kita berniat sungguh-sungguh dan mampu pemerintah daerah akan terus dukung. Silahkan nanti ajukan permohonan bantuan,” kata Basuri.

Adik Ahok ini menilai Kabupaten Beltim memiliki banyak potensi kolong dan tanah-tanah yang bisa dijadikan tempat peternakan ikan dan lainnya. Tinggal bagaimana memotivasi SDM yang ada di desa mau sungguh-sungguh.

“Bantuan kita terus untuk masyarakat, pendidikan dan pelatihan juga terus kita lakukan. Sekolah perikanan lengkap dengan asramanya kita bangunkan. Peluang di bidang perikanan dan pakannya sangat menjanjikan, sekarang kembali ke masyarakat mau apa tidak kerja keras,” pungkasnya. (feb/hms)