Penangkapan Sindikat Narkoba di PPN Tanjungpandan Banyak Disaksikan Orang

by -
Penangkapan Sindikat Narkoba di PPN Tanjungpandan Banyak Disaksikan Orang
Salah seorang wartawan menunjukkan lokasi penggerebekan narkoba di PPN Tanjungpandan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Penangkapan oknum aparat kepolisian bersama 2 orang warga sipil di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN), Tanjungpandan, Belitung, Kamis (18/2) petang, ternyata disaksikan banyak orang.

Sejumlah saksi mata melihat langsung penggerebekan narkoba yang dilakukan BNNP Babel. Pria berinisial S (40) warga Tanjungpandan menuturkan, saat kejadian dia berada di lokasi. Sekitar pukul 17.00 WIB, ada kapal yang bernama KM Pulau Batam tiba di lokasi, setelah perjalanan dari Pulau Bangka.

“Sekitar sejam setelah kapal itu datang tepatnya usai Salat Magrib, di lokasi terlihat ramai. Banyak masyarakat berkumpul. Saya penasaran lalu menuju ke lokasi,” kata pria yang akrab disapa Daeng ini kepada Belitong Ekspres.

Setiba di lokasi, Daerng melihat ada tiga orang yang ditangkap oleh beberapa anggota yang mengaku dari BNN Provinsi Bangka Belitung. Pada saat itu mereka juga menggeledah kapal bermuatan ikan tersebut.

“Setelah digeledah ditemukan kurang lebih seratus paket narkoba jenis sabu, atau satu ons di kapal itu. Lalu, ketiga orang itu dibawa ke BNN Kabupaten Belitung yang letaknya tak jauh dari pelabuhan,” terangnya.

Ketika hendak dibawa ke BNN Kabupaten Belitung, beberapa warga pun turut membuntuti mereka. Adanya peristiwa penangkapan ini sempat menghebohkan warga. Sebab dari tiga orang yang diamankan, salah satunya adalah oknum anggota polisi.

“Ada tiga orang yang dibawa. Satu bernama Gareng, satunya aku tidak kenal. Dan satunya lagi seorang oknum anggota polisi berinisial HI. Untuk yang anggota polisi saya memang kenal,” tukas Daeng.

Hal yang sama juga diungkapkan YT (57) warga Air Seruk Sijuk. Kata pria yang mengaku sudah bertahun-tahun bekerja di pelabuhan ini, saat penangkapan yang dilakukan BNN Provinsi Babel, ia juga berada di lokasi. Sebelum adanya penggerebekan, KM Pulau Batam terlebih dahulu bersandar.

Kemudian mereka melakukan bongkar muat. Sekitar sejam kemudian, ada beberapa orang dari BNN melakukan penggerebekan dan memeriksa kapal tersebut. “Dari penggerebekan itu, katanya ada seorang polisi yang terlibat. Saat penggerebekan, ditunjukkan ada barang bukti narkoba sebanyak kurang lebih 100 paket,” sebutnya.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung, Nasrudin membenarkan adanya penangkapan pelaku sindikat narkoba oleh BNNP Babel di kawasan PPN Tanjungpandan tersebut.

“Betul adanya penangkapan tindak pidana narkotika di Kabupaten Belitung oleh tim dari BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Nasrudin kepada Belitong Ekspres, Minggu (21/2) kemarin.

Menurut Nasrudin, dalam hal ini BNNK Belitung hanya melakukan “support back up” atau membantu jalannya penangkapan yang dilakukan oleh tim dari BNN Provinsi Babel. “Kalau info detilnya saya tidak bisa sampaikan karena kewenangan itu ada di BNN Provinsi. Saya tidak mau menyalahi kode etik saya, tetapi kalau soal penangkapan itu memang benar adanya,” tukasnya.

Nasrudin menambahkan, terkait informasi mengenai tersangka, barang bukti narkotika dan non narkotika dan lain-lainnya juga merupakan kewenangan BNN Provinsi Babel. Sedangkan tersangka saat ini masih dalam pemeriksaan oleh BNN Provinsi Babel untuk dilakukan penggalian dan pendalaman informasi lebih lanjut. “Saat ini tersangka sudah berada di BNN Provinsi,” terangnya. (kin/dod)