Pencuri Lada Tak Berkutik

by -1 views

*Saat Dikepung Warga Desa Belimbing

LUBUK BESAR – Warga Desa Belimbing, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Sabtu (8/8) malam dikejutkan dengan pencurian buah lada milik warga. Kasir (48), pelaku pencurian tersebut kepergok saat asyik memetik buah lada yang bukan miliknya. Beruntung Kasir tak menjadi bulan-bulanan warga yang kesal karena langsung diamankan oleh Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Lubuk Besar.
Warga Belimbing akhir-akhir ini memang mengaku resah, lantaran buah lada siap panen yang masih berada di pohonnya hilang dicuri. Para pemilik pun sepakat melakukan penjagaan di kebun di malam hari hingga berhasil menangkap pelaku sekitar pukul 19.30 WIB yang saat itu “memanen” lada milik Ngatiyo (50).
Tak ingin pencuri lada tersebut kabur, Ngatiyo mengontak warga lainnya yang juga sedang berjaga di kebun masing-masing. Tak lama berselang, belasan warga lain datang. Bersama Ngatiyo kemudian mengepung sang pencuri hingga tak berkutik. Kasir yang juga warga setempat tertangkap dengan puluhan kilo buah lada ditangannya. Tersangka lalu digiring ke Mapolesk Lubuk Besar setelah dijemput petugas dan anggota Bhabinkamtibmas Belimbing.
Kapolsek Lubuk Besar, Ipda Yandri C. Akib membenarkan, jika pihaknya bersama warga telah mengamankan Kasir (48), tersangka kasus pencurian buah lada. “Dari tangan Kasir, kami mengamankan sekitar 20 kg buah lada yang sudah tua. Lada siap panen itu dimasukkan ke dalam karung dengan sebuah keranjang besar. Pelaku melakukan pencurian seorang diri, dengan cara memetik langsung buah dari pohon. Kasir dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman kurungan pernjara diatas 5 tahun,” terangnya, kemarin.(and)