Pencurian Kabel Sebabkan Pemadaman Listrik

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Bangka Belitung (Babel) meyakini sering terjadinya pemadaman listrik di berbagai wilayah Babel akhir-akhir ini disebabkan sering terjadinya upaya pencurian kabel tanah di kawasan jembatan Air Anyir. Kondisi ini memaksa pelanggan PLN area Bangka kehilangan suplay listrik atau sering disebut BlackOut (Padam Total).
“Ketika kami hendak mengoperasikan jaringan baru dari Gardu Induk Air Anyir, ternyata ada kabel terpotong, sehingga menyebabkan gangguan pada kabel short. Namun potongan kabel ditinggalkan begitu saja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Nang Cik Humas PLN Wilayah Babel, Rabu (25/3) kemarin.
Nang Cik menambahkan, diduga pelaku tidak jadi mengambil potongan kabel tersebut karena terbuat dari alumunium bukan tembaga. Akibat perbuatan oknum tersebut menyebabkan pemadaman listrik di daerah Pangkalpinang-Sungailiat dan sekitarnya.
“Mungkin dalam beberapa waktu kedepan akan kita lakukan pemadaman bergilir, sebagai cara untuk mengantipasi kerusakan tersebut. Dan kerusakan itu akan segera kita perbaiki agar tidak ada lagi gangguan jaringan dan tidak ada lagi pemadaman bergilir,” jelasnya.
Lanjut Nang Cik, pengoperasian jaringan baru tersebut di peruntukkan memperkuat sistem kelistrikan di Pangkalpinang bagi calon pelanggan baru. “Dengan kejadian ini kita akan meningkatkan pengawasan kita agar kejadian ini tidak terulang lagi, kita membangun jaringan baru tersebut untuk memperkuat sistem kelistrikan di Pangkalpinang bagi calon pelanggan baru,” tutupnya. (cr61)

Baca Juga:  Ibrahim : Publik Menunggu Debat Berikutnya

Tags:
author

Author: