Pendatang Baru Wajib Lapor

by -

*Dukcapil akan Lakukan Pendataan Pasca Lebaran

MANGGAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tetap akan melakukan pendataan pendatang baru pasca Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.
Kepala Dinas Dukcapil Beltim, Ernadi melalui Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan, Suharman mengatakan, pihaknya tetap melakukan monitoring terhadap penduduk yang mudik dan kembali ke Beltim tanpa batasan waktu yang ditentukan.
“Para pendatang baru di Beltim akan kita data sesuai dengan data yang sebenarnya, sebelumnya akan menekankan kepada Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) untuk mendata penduduk yang datang, dan kepada penduduk yang baru datang wajib untuk melaporkan kepada Ketua RT dimana mereka akan bertinggal,” ujar Suharman kepada harian ini Rabu (21/7) kemarin.
“Untuk mengendalikan mobilitas penduduk di Beltim, kami bekerja sama dengan instansi terkait melakukan sosialisasi. Kita lakukan monitoring penduduk yang mudik dan balik ke Beltim serta melakukan Operasi Binduk,” ungkapnya.
Pendataan penduduk tetap akan terus dilakukan meski usai lebaran seperti tahun tahun sebelumnya, meski di Beltim ini belum segnifikan terhadap kedatangan pendudukan dengan jumlah yang besar dengan frekuensi kedatangan penduduk pasca lebaran. Namun Dinas Dukcapil Beltim akan terus menggandeng pengurus RT dan RW untuk melakukan pendataan tersebut.
“Ditegaskan dan di himbau kepada ketua RT dan RW dan petugas register desa untuk mendata warga pendatang selanjutnya untuk dilaporkan ke Disdukcapil Beltim, melalui Kepala Desa, dan Kecamatan. Secara berkala dan terprogram oleh Tim Terpadu Penertiban Dokumen Kependudukan Kabupaten Beltim, dan akan melakukan monitoring terhadap keberadaan warga pendatang, nantinya,” tegas Suharman.
Dalam pendataan tersebut Dinas Dukcapil hanya mengingatkan para pendatang baru, bahwa ada aturan kependudukan yang harus segera dipenuhi, tandasnya. (feb)