Penerapan Fuel Card di SPBU Beltim Efektif

by -
Penerapan Fuel Card di SPBU Beltim Efektif

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Penerapan sistem fuel card bahan bakar jenis solar subsidi di sejumlah SPBU di wilayah Belitung Timur (Beltim) berjalan cukup efektif. Namun sejauh ini, jumlah pendaftar fuel card masih relatif sedikit bila dibandingkan data kepemilikan kendaraan jenis solar.

“Sampai hari ini sudah sekitar 310 unit yang mendaftarkan fuel card. Memang masih ada beberapa pendaftar kita tolak karena pajak kendaraan mereka belum lunas,” ungkap Kepala UPT Bakuda wilayah Beltim, Alexander Ikhsan kepada belitongekspres.co.id, Senin (6/1/2020).

Berdasarkan hasil evaluasi sementara, penerapan fuel card jenis solar subsidi memberikan multi efek terutama ketersediaan solar di SPBU. Jika selama ini banyak keluhan pemilik kendaraan yang tidak mendapat solar subsidi, kenyataannya saat ini mudah didapatkan. “Fuel card ini lebih efektif, multi efek dan lebih tepat sasaran,” kata Alex.

Dikatakan Alex, penggunaan fuel card pada jenis bahan bakar subdisi akan diperluas untuk premium. Meski belum dijadwalkan, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah mengawali rencana penerapan fuel card untuk premium dengan program pemutihan pajak kendaraan.

Terhitung sejak tanggal 31 Desember 2019, pajak BBNKB akan diputihkan hingga tanggal 29 Februari 2020. Sedangkan PKB akan diberikan batas waktu hingga tanggal 1 Februari 2020.

“Satu bulan ini ada pemutihan, jadi yang kemarin kendala tidak bayar pajak sekarang ada pemutihan agar tidak ada lagi bahasa-bahasa seperti itu (tidak lunas pajak). Tolong dimanfaatkan,” ujar Alex.

“Pemutihan ini juga untuk mengantisipasi premium menggunakan kartu juga karena sekarang kita lihat sudah banyak permintaan masyarakat agar RON 88 atau premium subsidi pakai kartu,” imbuhnya.