Penerapan Protokol Kesehatan Jadi Bahan Pengawasan Bawaslu Beltim

by -
Penerapan Protokol Kesehatan Jadi Bahan Pengawasan Bawaslu Beltim
Para peserta mengikuti Sosialisasi Tahapan Pemilihan Serentak Lanjutan Pilkada Beltim, di Rumah Makan Vega Manggar, Kamis (25/6).

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Beltim Wahyu Evan Yudistira mengatakan, pihaknya akan mengawasi ketaatan penyelenggara dan penyelenggaran Pilkada terkait penerapan Protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Penerapan protokol kesehatan jadi salah satu objektifikasi pengawasan baru.

“Bawaslu dapat tambahan objek pengawasan ke penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaran ikut jadi objek pengawasan. Jadi lebih ke pelaksanaan penerapan saat kampanye dan kegiatan tahapan Pilkada,” kata Evan saat Sosialisasi Tahapan Pemilihan Serentak Lanjutan Pilkada Beltim, di Rumah Makan Vega Manggar, Kamis (25/6).

Mantan Ketua KNPI Beltim itu menyatakan penerapan protokol kesehatan ikut menjadi prasyarat dan syarat utama dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di masa pandemi tahun 2020 ini.

“Namun lebih ke sisi penyelenggara dan penyelenggaraannya. Sambil kita menunggu Peraturan KPU yang mengatur saat pandemi, kalau hanya Surat Edaran kurang punya kekuatan hukum,” ujar pria yang beken disapa Evan ini.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Burhanuddin meminta agar KPU Beltim dapat segera mensosialisasikan tahapan Pilkada yang sudah kembali berjalan, terutama menurutnya aturan terbaru terkait penerapan protocol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Ini kan sosialisasi tahap awal kepada Parpol, LSM, Wartawan. Nanti akan turun ke bawah, kalau Pilkada akan berlangsung pada 9 Desember dan mengikuti protokoler Covid-19,” kata Aan sapaan akrab Burhanudin.

Wabup Beltim mengatakan harus kembali status daerah terkait dengan kekhawatiran penurunan tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020. Kabupaten Beltim saat ini masih berada di zona hijau dan dalam waktu dekat akan menerapkan new normal.

“Namun harus tetap waspada. Walau pun sudah new normal tetap jangan lalai, tetap terapkan protocol sehingga terhindar dari virus Corona,” kata Aan. (rel/@2!)

Editor: Yudiansyah