Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Ada Thermal Gun

by -
Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Ada Thermal Gun
akil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung mengapresiasi pihak PT Angkasa Pura (AP) II Persero, karena telah menyediakan Thermal Gun (pengecekan suhu) untuk penerbangan Domestik di Bandara Soekarno Hatta.

Sesuai harapan masyarakat, dirinya telah berkomunikasi dengan Dirut AP II agar di terminal domestik Bandara juga dilakukan Thermal Scan (Pengecekan suhu badan) bagi penumpang. Itu dilakukan karena sudah ditemukannya kasus positif corona di dalam negeri.

“Alhasil, dalam rapat internal Angkasa Pura II memutuskan di terminal keberangkatan Bandara Soekarno Hatta untuk domestik akan dilakukan Thermal check menggunakan thermal Gun (Pengecekan suhu),” kata Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie kepada Belitong Ekspres, Minggu (08/03) kemarin.

Menurut Isyak, Penggunaan thermal Gun (Pengecekan suhu) di terminal keberangkatan domestik, akan menjadi salah satu upaya untuk menjaga Belitung lebih aman dari wabah virus Corona. “Hal ini akan menjadi salah satu upaya untuk menjaga Belitung lebih aman dari Virus Corona,” terangnya.

Kemudian, Wabup juga mengajak masyarakat agar senantiasa terapkan pola hidup sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker jika sedang flu atau batuk. Serta mengkonsumsi makanan minuman sehat untuk menjaga stamina dan ketahanan tubuh kita masing masing. “Tidak lupa kita berdoa agar Tuhan menjaga Belitung dan Indonesia,” pungkasnya.

Plt Executive General Manajer PT Angkasa Pura II Persero, Cabang Bandara H.AS Hanadjoeddin Nanang Novianto Saputro membenarkan bahwa di Bandara Soekarno Hatta mulai Minggu (08/03) kemarin di Terminal Keberangkatan Domestik disediakan Thermal Gun.

“Betul, tapi kebijakan ini bukan sebuah prosedur baru ya. Untuk di terminal keberangkatan Domestik disediakan Thermal Gun untuk penumpang yang ingin memeriksakan suhu badannya,” katanya saat dihubungi Belitong Ekspres.

Nanang menyebutkan Thermal Scanner dengan Thermal Gun, yaitu merupakan alat khusus yang harus disediakan di setiap terminal kedatangan Internasional. Kemudian Thermal Gun adalah alat yang umum dijual bebas. ” Dan atas inisiasi dari PT Angkasa Pura II, untuk menyediakan alat tersebut di terminal domestik buat pax yang ingin memeriksakan dirinya,” katanya.

Kemudian, dirinya juga menyebutkan bahwa ada rencana yang sama diperlakukan di terminal Keberangkatan Bandara H.AS Hanandjoedin Tanjugpandan Belitung, namun pihaknya masih melakukan koordinasi lebih lanjut. “Iya ada, Kita sedang berkoordinasi lanjut untuk menyiapkan juga di Bandara H.AS Hanandjoeddin,” pungkasnya. (rez)

Editor: Yudiansyah