Penerbangan Internasional ke Belitung Akan Ditambah

by -
Flight Internasional ke Belitung
Penerbangan Internasional ke Belitung akan Bertambah
Jendral (Purn) TNI Moeldoko, mengunjungi kawasan HKM Juru Seberang didampingi Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Ketua Apdesi Belitung Darsono, Jumat (30/8) kemarin.

Dari Tanjungpandan ke Singapura

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Penerbangan (flight) Internasional di Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Belitung rencananya bakal bertambah. Yakni dari Tanjungpandan ke Singapura. Namun, waktunya masih akan ditentukan.

Sebelumnya, Air Asia sudah menyatakan akan terbang dari Malaysia ke Tanjungpandan, awal Oktober 2019 mendatang. Adanya penerbangan internasional diharapkan akan menarik wisatawan asing berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Staff Kepresidenan Republik Indonesia Jendral (Purn) TNI Moeldoko, saat menyambangi (memantau) kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKM) Juru Seberang, Tanjungpandan, Jumat (30/8) kemarin.

Mantan Panglima TNI ini mengatakan, Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Wakil Bupati Isyak Meirobie sudah mendatanginya beberapa waktu lalu. Kedatangan itu terkait adanya permasalahan penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Belitung ke Singapura.

Semula beberapa waktu lalu, penerbangan ke Singapura menggunakan subsidi. Hingga akhirnya penerbangan tersebut berakhir, dan belum melakukan perpanjangan. Namun, setelah dicek ternyata ada kendala koordinasi.

“Kita sudah selesaikan permasalahan ini. Bentar lagi, pesawat tersebut akan terbang lagi. Dengan tujuan Singapura. Kemarin hanya terkendala koordinasi,” ungkap Moeldoko kepada wartawan.

Menurut Moeldoko, peran pemerintah pusat dalam hal ini akan ikut mempromosikan pariwisata Belitung. Apalagi, Negeri Laskar Pelangi tertarik dengan pengembangan Geopark Internasional alias Unesco Global Geopark (UGG).

Kedepan dia memperkirakan akan banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke Belitung. Tentunya, dengan demikian banyak yang harus dibenahi. Salah satunya bandara. Menurutnya, ada beberapa infrastruktur yang harus dibenahi.

Ketika disinggung mengenai berapa target wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Belitung, Moeldoko enggan berkomentar. “Kita percepat dulu pembangunan. Setelah itu baru kita bisa lihat,” ungkapnya.

Selain itu, Moeldoko memuji keindahan Pulau Belitong. Khususnya HKM Juru Sebrang. Katanya, banyak yang bisa dikembangkan. Apalagi pantainya bagus. Tentunya membuat minat anak perkotaan untuk berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

“Kita akan sampaikan ke Pak Jokowi (Presiden Republik Indonesia) mengenai apa yang ada di Belitung. Setelah itu, kami akan menunggu arahan dari beliau,” pungkasnya. (Kin)