Penerimaan Prajurit TNI AD Prioritas untuk Anak Daerah

by -
Penerimaan Prajurit TNI AD Prioritas untuk Anak Daerah
Foto bersama usai Kodim 0414/Belitung menggelar kampanye kreatif dan werfing kepada 115 pelajar se Pulau Belitong, Selasa (19/1).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kodim 0414/Belitung menggelar kampanye kreatif dan werfing kepada 115 pelajar se Pulau Belitong, Selasa (19/1). Kegiatan tersebut merupakan sosialisasi penerimaan calon Prajurit TNI AD.

“Kita mensosialiasikan, untuk memiliki minatnya, mencalonkan diri sebagai prajurit TNI Angkatan Darat,” kata Dandim Letkol Inf Mustofa Akbar kepada Belitong Ekspres usai kegiatan sosialisasi di Aula Kodim 0414/Belitung.

Mustofa menerangkan dalam kegiatan itu semua yang berkaitan penerimaan prajurit TNI AD disosialisasikan. Mulai dari tahapan seleksi, seperti administrasi, materi yang akan diujikan, sehingga pelajar siap dan memiliki minat untuk mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI AD.

Kegiatan ini dalam rangka mencari calon prajurit TNI AD yang akan direkrut baik melalui sumber Perwira, Bintara serta Tamtama di wilayah Kodim 0414 /Belitung, agar dapat dilaksanakan secara maksimal sesuai sasaran yang diharapkan.

“Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan dapat menarik minat bagi siswa dan siswi SMA,SMK dan MA untuk berkarir di TNI AD setelah lulus sekolah. Sehingga nantinya didapatkan siswa-siswi yangberkualitas serta memenuhi syarat sebagai calon Prajurit TNI AD, yang telah siap baik secara akademik, fisik, mental dan spiritual untuk menjadi prajurit TNI AD yang handal dan professional,” jelasnya.

Menurutnya, pola penerimaan untuk menjadi Prajurit TNI AD saat ini lebih menguntungkan bagi putra-putri daerah Belitung dan Belitung Timur. Sebab, sebelumnya telah dibuat kebijakan penerimaan prajurit dengan memprioritaskan anak daerah.

“Ini adalah peluang bagi anak-anak daerah semakin terbuka lebar dan juga peluang untuk bertugas di daerah asal dapat terlaksana. Seperti contoh kakak kalian yang baru saja menyelesaikan pendidikan sekarang ini mereka ditempatkan di Kodim 0414/ Belitung,” paparnya.

Kemudian juga kata dia, ada beberapa prioritas bagi pelajar yang berprestasi untuk menjadi Prajurit TNI AD. “Ya, bagi pelajar yang memiliki prestasi sebagai atlit. Jadi mereka dapat prioritas dalam seleksi karena sudah memiliki keunggulan itu,” bebernya.

ada tahun 2020 kemarin khusus di Kabupaten Belitung calon Tamtama yang ikut dalam alokasi sejumlah 9 orang dan kemudian bisa masuk pendidikan 8 orang. Lantas, 8 orang itu kembali ke daerah asalnya sebagai putra daerah. “Dia daftarnya di daerah mana, dan kembali bertugas atau berdinasnya ke daerah asalnya,” tandas Dandim. (dod)