Pengajuan Fuel Card Masih Sepi Padahal Sudah Ada Sosialisasi

by -
Pengajuan Fuel Card Masih Sepi Padahal Sudah Ada Sosialisasi
Pelayanan pembuatan fuel card di UPT Bakuda wilayah Beltim.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Penerapan penggunaan fuel card untuk bahan bakar bersubsidi di sejumlah SPBU dipastikan segera berjalan. Namun, pantauan Belitong Ekspres di kantor UPT Bakuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wilayah Beltim, permohonan pembuatan fuel card masih jauh dari harapan.

“Belum banyak, sampai hari ini baru 17 berkas. Tapi diperkirakan akan terus bertambah seiring mulai diterapkannya penggunaan fuel card di SPBU,” ujar Kepala UPT Bakuda wilayah Beltim, Alexander Ikhsan kepada belitongekspres.co.id, Jum’at (6/12) kemarin.

Terkait sedikitnya masyarakat yang membuat fuel card, Alex memastikan sosialisasi sudah berjalan dengan baik. Bahkan spanduk di sejumlah titik telah jauh-jauh hari terpasang.

“Melalui medsos juga kami sampaikan, bahkan untuk mengencangkan sosialisasi rencananya kami mulai besok akan ada iklan di radio. Memang harus diakui tipikal orang kita itu sebelum diberlakukan, orang belum mau mendaftar untuk dapat fuel card,” jelas Alex.

Alex berharap masyarakat segera mendaftarkan unit kendaraan guna mendapatkan akses pembelian bahan bakar bersubsidi. Sebab tanpa fuel card, pemilik kendaraan hanya bisa membeli bahan bakar non subsidi yang harganya lebih tinggi dibandingkan subsidi.

“Pembuatan fuel card tidak membutuhkan waktu lama. Berkas yang dibawa akan kita verifikasi petugas dan jika sudah lengkap, langsung kita cetak kartunya,” kata Alex.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Satpol PP telah melaksanakan rapat koordinasi pengamanan pelaksanaan edaran tentang pendistribusian jenis bahan bakar minyak tertentu/solar subsidi dan jenis bahan bakar minyak khusus penugasan/bensin RON 88.

Nantinya, anggota Satpol PP di tiap-tiap Kabupaten/Kota se Bangka Belitung akan ditempatkan di SPBU yang menjual bahan bakar bersubsidi jenis solar maupun premium. Dalam penugasan pengamanan, Satpol PP akan didampingi anggota TNI Polri guna memastikan penerapan fuel card berjalan dengan baik.

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham