Pengangguran di Babel Capai 5,14 Persen

by -

PANGKALPINANG – Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj)  akhir tahun APBD Tahun Anggaran 2014 Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mencatat angka peningkatan jumlah pengangguran terbuka pada 2014 sebesar 1,14 persen dibanding tahun sebelumnya di angka 3,70 persen.
Kepada wartawan, Gubernur Babel Rustam Effendi menjelaskan, dengan terpuruknya perekonomian Babel tentu akan berdampak meningkatnya angka pengangguran. Apalagi sekarang dengan kondisi pertimahan di Babel yang melemah sudah dapat dipastikan angka pengangguran semakin meningkat dengan persentasi 5,14 persen jumlah pengangguran di Babel
Hanya saja diakui Gub, mayoritas pengangguran di Babel bekerja di sektor pertambangan merupakan notabene dilakoni oleh warga pendatang dari luar Babel. “Dengan melemahnya sektor sudah dapat dipastikan angka pengangguran semakin meningkat. Tapi dapat kita lihat yang bekerja di sektor tambang ini kebanyakan warga migrasi, warga kita sedikit yang bekerja di tambang,” terang Rustam usai Rapat Paripurna DPRD Babel, Senin (23/3).
Untuk itu kata Gubernur, dirinya mengintruksikan kepada dinas terkait ke depan dapat mendata dan memilah warga yang datang ke Babel, sehingga jangan sampai warga yang tidak ada kegiatan yang jelas akhir menjadi gejolak sosial. Sementara pemerintah akan mengatasi pengangguran ini dengan membuka proyek-proyek yang dapat menampung tenaga kerja.
” Untuk jangka panjang, kita atasi pengangguran ini dengan mengalakkan sektor lain seperti perkebunan, pertanian dan pariwisata. Bukan sektor timah,” tandas Rustam.(iam)