Penggunaan Anggaran Pilkada Bateng

by -

Tanggung Jawab Siapa?

KOBA-Menjelang gelaran Pilkada Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) 2015 yang semakin dekat, permasalahan Sekretaris KPU tak kunjung usai. Akibatnya, penggunaan anggaran di KPUD Bateng menjadi tanda tanya.
Ketua KPU Bateng, Suryansyah yang dikonfirmasi RB terkait penggunaan anggaran lembaga yang Ia pimpin mengatakan, mekanisme penggunaan anggaran Pemilukada yang bersumber dari APBD Bateng tahun 2015 telah diatur dengan jelas melalui tiga jabatan,yakni Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan atasan langsung Bendahara.
“Untuk lebih jelasnya lagi terkait mekanisme pengajuan usulan penggunaan anggaran, ya silahkan dikonfirmasi kepada pihak DPPKAD Kabupaten Bateng. Namun, untuk kuasa pengguna anggaran Pemilukada Bateng nanti bisa saja dengan Sekretaris atau dijalankan oleh tiga pejabat tersebut,”ujar Suryansyah.
Sementara Sekda Bateng, Ir. H. Ibnu Saleh, MM saat dikonfirmasi RB menegaskan, jika pengusulan pergantian jabatan Sekretaris KPU Bateng yang diusulkan pihaknya tidaklah direkomendasi, sehingga Robain Zul masih tetap menjabat sebagai Sekretaris KPU Bateng. Jelasnya, hingga sampai saat ini pihaknya masih mengacu aturan bahwa KPU Pusat yang menetapkan jabatan Sekretaris tersebut.
“Pak Robain Zul masih tetap sebagai PA dan KPA di Sekretariat KPU Bateng. Selain itu SK mengenai penetapan Sekretaris KPU adalah kewenangan Sekretariat Jenderal KPU Pusat. Dan dalam hal ini, kita tetap mengacu pada aturan yang lebih tinggi. Jadi, tidak ada permasalahan apa-apa dengan jabatan Pak Robain Zul saat ini,”tegas Ibnu Saleh kepada RB kemarin.
Sedangkan Sekretaris KPU Bateng, Robain Zul enggan berkomentar terlalu jauh saat disinggung mengenai pertanggungjawaban penggunaan anggaran Pemilukada  tersebut. “Dalam hal ini, saya tak berhak membahas persoalan penggunaan dana Pemilukada Bateng. Karena di KPU Bateng ini saya hanya sebagai staf pelaksana saja yang ditugaskan oleh Pemkab Bateng,”tandas Robain.(and)