Penghitungan Suara Pemilu Tingkat Kecamatan Dimulai

by -
caption: Anggota KPU Belitung saat memantau kotak suara yang disimpan di GOR Tanjungpandan, Jumat (19/4) kemarin.

* Target Selesai Awal Mei 2019 

TANJUNGPANDAN – Perhitungan suara hasil pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif 2019 di tingkat kecamatan sudah dimulai. Penghitungan surat suara ini dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Tanjungpendan, Jumat (19/4) kemarin.

Rencananya, penghitungan suara tersebut ditargetkan selesai hingga awal Mei 2019 mendatang. Pantauan Belitong Ekspres terlihat, sejumlah petugas KPU Belitung melakukan pemantauan di lokasi, dan belasan anggota polisi masih berjaga-jaga.

Komisioner Divisi Teknis KPU Belitung Rezeki Aris Muzar mengatakan, proses perhitungan ini serentak dilaksanakan di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung. Setelah penghitungan dari TPS dan dibawa ke GOR Tanjungpandan.

“Untuk proses penghitungan waktunya dibagi. Misalnya, pagi tadi penghitungan dari Tanjungpandan, dan nanti siang hingga sore dari kecamatan lain,” ungkap Aris sembari memantau penghitungan, kepada Belitong Ekspres.

Dia menjelaskan, untuk hasil dari rekapitulasi perolehan suara hingga saat ini masih belum diketahui. Diperkirakan pada tanggal 23 April hingga 25 April hasil baru bisa dilihat. Itupun, hasil dari tingkat kecamatan.

“Kalau keseluruhan (tingkat Kabupaten) baru bisa dilihat pada awal Mei 2019 mendatang. Sekarang kita masih fokus diperhitungan di tingkat kecamatan,” kata Aris Muzar.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, jajarannya tetap mengawal ketat proses perhitungan suara di tingkat kecamatan. Puluhan anggotanya sudah bergeser dari TPS ke kecamatan.

“Kita sudah mengurangi pasukan. Bahkan, kemarin kita sudah pulangkan anggota Brimob dari Bangka yang di BKO untuk mengamankan jalannya pemilu di Kabupaten Belitung,” kata AKBP Yudhis Wibisana.

Dia menjelaskan, selama proses pelaksanaan pengamanan mulai kampanye rapat umum, masa tenang, pencoblosan hingga penghitungan suara di setiap TPS berjalan aman dan lancar.

“Namun, sehari sebelum pencoblosan, kita mengamankan salah satu orang yang diduga sebagai pelaku curanmor, di Kawasan Pangkallalang. Sekarang sudah diproses dan dititipkan di Lapas Kelas IIB Cerucuk,” pungkasnya. (kin)