Pengiriman Paket Oleh-Oleh dari UMKM Turun 50 Persen

by -
Kepala Kantor Pos Indonesia Tanjungpandan Azmat Nuzul Pasa

* Imbas Turunnya Kunjungan Wisatawan ke Belitung

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pengiriman melalui Pos Indonesia Tanjungpandan untuk paket oleh-oleh dari UMKM Kabupaten Belitung ke luar daerah mengalami penurunan di bulan Februari tahun 2019.

“Kalau dari Desember 2018 ke Januari 2019 naik 13 persen, kalau Januari ke Februari turun minus sekitar 47 persen,” kata Kepala Kantor Pos Indonesia Tanjungpandan Azmat Nuzul Pasa, kepada Belitong Ekspres, Senin (18/03) kemarin.

Adapun faktor penurunan tersebut merupakan pengaruh dari menurun kunjungan wisatawan yang datang ke Belitung. Hal itu seperti keterangan dari pelaku usaha di Negeri Laskar Pelangi.

“Faktornya kalau kata pelaku usaha itu, memang hunian hotel itu turun. Wisata juga kurang bergairah dan otomatis berdampak pada penjualan oleh-oleh,” jelas Azmat.

Penurunan ini terlihat ketika pihak Pos Indonesia Tanjungpandan melakukan penjemputan ke mitra UMKM oleh-oleh Kabupaten Belitung.

“Kita kan pick up ke setiap toko oleh-oleh, biasanya kita mengambil 3 hingga 4 paket oleh-oleh. Namun saat ini perhari hanya 1 dan 2, jadi turunnya hampir 50 persen,” paparnya.

Padahal lanjut Azmat, pihaknya telah menyesuaikan tarif paling murah dibanding pengiriman lainnya. Selain itu, Kantor Pos Indonesia Tanjungpandan juga memberlakukan tarif corforit khusus pengiriman oleh-oleh, tarif yang lebih murah dari tarif ritel.

“Kalau kita kantor pos tarif sudah menyesuaikan, sehingga kita paling murah di antara jasa pengiriman lainnya. Ini tujuannya supaya menggerakkan lagi oleh-oleh dari teman-teman UMKM,” tukasnya.

Sementara dia menambahkan, khususnya komoditi ketam isi dan kerupuk hingga saat ini masih dominan untuk pengiriman oleh-oleh dari Kabupaten Belitung.

“Setiap hari ketam isi paling favorit, terus kerupuk-kerupuk paling banyak dikirim toko-toko oleh-oleh. Selain itu ada kopi, madu terus sirup jeruk kunci, kaos, yang khas Belitung lah,” terangnya.

Untuk tujuan pengiriman oleh-oleh dari Belitung masih didominasi ke Jabotabek. Hal itu terlihat dari pengiriman mitra oleh-oleh yang melakukan pengiriman setiap hari. “Tujuan Jabotabek paling dominan sekitar 70 persen dan sisanya kota lain,” ujarnya.

Pria yang hobi sepak bola ini juga mengatakan, untuk saat ini mitra Pos Indonesia Tanjungpandan dengan pelaku UMKM yang melakukan pengiriman oleh-oleh cukup banyak. “Kita jemput tiap hari sekitar 34 mitra yang eksisting, tiap hari,” pungkasnya. (dod)