Pengusaha Minta Pelabuhan Siap 100%

by -

*Jangan Sampai Investor Kecewa, Minta Perizinan Dipermudah

TANJUNGPANDAN-Molornya rencana pemindahan jalur angkutan truk tambang dari jalur perkotaan Pelabuhan Tanjungpandan menuju Tanjung Batu, mendapat tanggapan dari kalangan pengusaha. Sejumlah pengusaha meminta pemerintah lebih tegas atas keputusan yang diambil. Selain itu, semua keputusan yang diambil sebisa mungkin disertai dengan persiapan yang matang.

Pelaku uasha bidang agrobis, Mahadir Basti mengatakan, ada kemungkinan memang persiapan di Pelabuhan Tanjung Batu belum seratus persen. “Setahu saya perda nya soal BUP (Bana Usaha Pelabuhan) Tanjung Batu baru saja diresmikan menyangkut modal dan seterusnya dipilih pengurus BUP, jadi butuh waktu lah,’’ papar Mahadir yang juga mantan anggota DPRD Belitung yang kini menekuni bisnis pupuk pertanian tersebut.

Menurut dia, untuk percepata pembangunan dari berbagai aspek, diminta pemerintah untuk tidak berbelit-belit dalam memberikan perizinan. Infrastuktur disiapkan, tapi juga pelayanan perizinan harus cepat.

“Jangan sampai dipersulit datau diperlambat, misalkan saja ada orang mau berinvestasi atau berusaha sudah diikat dulu macam-macam pungutan. Ini bisa mempengaruhi semangat pelaku usaha atau investor. Birokrasi yang berbelit harus dipangkas, perizinan dipermudah,’’ tandasnya.

Mengenai pelabuhan baru, bagi dia, sebisa mungkin lokasi menunjukkan kondisi yang mampu member semangat bagi investor maupun pengguna jasa pelabuhan. Semisal, rencana wilayah untuk pengembangan infrasturktur pendukung pelabuhan, jangan hanya tanah hutan.

“Ya, setidaknya sudah diland clearing atau diratakan. Misal ada gedung atau kantor ya depannya dan sekeitarnya harus bersih, jangan ada kantor atau gedung dipenuhi semak belukar bahkan bisa jadi hutan pula,’’ papar Mahadir.

Terpisah, pelaku usaha bidang jasa angkutan (kurir) Ayie Guardiansyah mengatakan, soal pelabuhan, mestinya pemerintah menyediakan dahulu sarana dan prasarana pendukung . Misalkan adanya kantor untuk pengguna jasa pelabuhan, seperti halnya di pelabuhan Tanjungpandan.

Menurut Ayie, mengenai pemindahan jalur harus direncanakan dengan baik. Dan pemerintah mesti mengajak musyawarah dengan pengusaha, sehingga masukan apa sekiranya untuk mempercepat pengalihan jalur truk tambang tersebut. “Kan semua untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah. Saya harap tidak molor lagi,’’ ungkap Ayie dari Lotus Tour Travel itu.(agu)